POLITICAL MARKETING DALAM PILKADA : (STUDI KASUS TERHADAP KEMENANGAN PASANGAN CHAIDIR SYAM DAN SUHARTINA BOHARI PADA PILKADA MAROS 2020)


AMALIA, ANDI NUR (2021) POLITICAL MARKETING DALAM PILKADA : (STUDI KASUS TERHADAP KEMENANGAN PASANGAN CHAIDIR SYAM DAN SUHARTINA BOHARI PADA PILKADA MAROS 2020). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171006_skripsi COVER1.png

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171006_skripsi 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171006_skripsi DP.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171006_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Nur Amalia, Nim E01171006 Political Marketing Dalam Pilkada Studi Kasus Kemenangan Chaedir Syan Dan Suhartina Bohari Pada Pilkada Maros 2020. (Dibimbing Oleh H. Andi Yakub Dan Andi Naharuddin).
Marketing politik adalah serangkaian aktifitas terencana, strategis dan juga taktis, berdimensi jangka panjang dan jangka pendek. Untuk menyebarkan makna politik kepeda para pemilih dalam marketing politik terdapat beberapa pendekatan yaitu push marketing, pull marketing dan pas marketing. Pendekatan ini digunakan untuk mempromosikan pasangan calon kepala daerah kabupaten.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui branding politik serta strategi marketing pasangan Chaidir Syam Dan Suhartina Bohari Pada Pilkada Maros 2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari keterangan informan yaitu orang-orang yang dianggap mengetahui dan bisa dipercaya dalam memberikan informasi yang akurat dengan menggunakan dua macam data yaitu data perimer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh brand serta strategi marketing yang dibangun oleh pasangan Chaedir Syam dan Suhartina Bohari pada pilkada Maros 2020. yaitu brand Maros keren atau hati keren sedangkan dalam memasarkan brand tersebut, para tim kemenangan menggunakan dua cara yaitu offline dan online. sehingga menghasilkan kemenangan pasangan Chaedir Syam dan Suhartina Bohari pada pilkada Maros 2020.
Kata kunci : Political Marketing, Branding politik, Pilkada, Chaedir Syam, Suhartina Bohari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:11
Last Modified: 23 Aug 2021 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item
View Item