PREDIKSI PENGARUH KOMPARTEMEN BOCOR TERHADAP PERIODE OLENG PADA KAPAL FERI ROR-RO MENGGUNAKAN ROLL DECAY


RISQULLAH M, MUH. (2021) PREDIKSI PENGARUH KOMPARTEMEN BOCOR TERHADAP PERIODE OLENG PADA KAPAL FERI ROR-RO MENGGUNAKAN ROLL DECAY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116513_skripsi cover1.png

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116513_skripsi 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116513_skripsi dp(FILEminimizer).pdf

Download (782kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116513_skripsi(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Risqullah M, 2021 . “PREDIKSI PENGARUH KOMPARTEMEN BOCOR TERHADAP PERIODE OLENG PADA KAPAL FERI ROR-RO MENGGUNAKAN ROLL DECAY”. (Dibimbing oleh Lukman Bochary dan Rosmani)
Performa gerak kapal feri haruslah baik untuk menjamin keselamatan kapal dan penumpangnya di lautan dimana dalam satu dekade terakhir terjadi peningkatan jumlah kecelakaan kapal setiap tahunnya. Oleh karena itu, karakteristik performa gerak kapal haruslah diprediksi dengan tepat termasuk pada saat kapal di air tenang bahkan dalam keadaan kapal bocor. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan perubahan sarat dan trim yang diakibatkan oleh kebocoran menggunakan maxsurf dan menentukan besar pengaruh kompartemen bocor terhadap roll decay pada kapal feri ro-ro di masing-masing skenario kebocoran. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode exprerimen di Labo Hidrodinamika Kapal Universitas Hasanuddin. Analisa dilakukan di skenario kebocoran 1, 2, 3 kompartemen bocor di haluan dan buritan kapal yang paling extreme, yang dimana tidak melewati sarat kapal 3,5 meter dan gaya yang diberikan sampai tinggi geladak. Adapun hasil penetian yang diperoleh bahwa, skenario 2 kompartemen bocor di kondisi yang paling extreme membentuhkan waktu yang paling lama 5 menit untuk kembali ke posisi awal dan terjadi trim buritan dimana sarat haluan 2,589 m dan sarat buritan 3,459 m, kapal masih dalam konsidi aman di karenakan pada saat kapal oleng amplitudo tidak melewati tinggi geladak kapal.
Kata Kunci : Kebocoran, Kapal Feri, Roll Decay, Skenario Kebocoran, Amplitude, Trim Kapal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Aug 2021 08:22
Last Modified: 20 Aug 2021 08:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item
View Item