KONTRIBUSI PERCEIVED SOCIAL SUPPORT (PEER, FAMILY, DAN TEACHER) TERHADAP ACADEMIC RESILIENCE TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR DI MASA PANDEMI


Rahmatillah A, Farhana (2021) KONTRIBUSI PERCEIVED SOCIAL SUPPORT (PEER, FAMILY, DAN TEACHER) TERHADAP ACADEMIC RESILIENCE TARUNA POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C021171505_skripsi COVER1.png

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C021171505_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021171505_skripsi DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021171505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Farhana Rahmatillah A, C021171505, Kontribusi Perceived Social Support (Peer, Family, dan Teacher) terhadap Academic Resilience Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar di Masa Pandemi, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, Universitas Hasanuddin, Makassar, 2021.
xvi + 108 halaman + 18 lampiran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi perceived social support (peer, family, dan teacher) terhadap academic resilience pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 291 Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar yang dipilih melalui accidental sampling.
Penelitian ini menggunakan Skala Academic Resilience dan Social Support Appraisal Scale (APP) yang telah dadaptasi dan dimodifikasi.
Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived social support (peer, family, dan teacher) secara signifikan berkontribusi terhadap academic resilience pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Perceived social support memberikan kontribusi signifikan terhadap academic resilience sebesar 71,8% (R2 = 0,781; Sig = 0,000) dan 28,2% lainnya berasal dari variabel diluar penelitian ini. Aspek perceived social support pada penelitian ini menggunakan sumber dari dukungan sosial yang berasal dari peer, family, dan teacher. Setiap aspek perceived social support memberikan kontribusi yang signifikan terhadap academic resilience, yakni kontribusi family support sebesar 42,4%, kontribusi teacher support sebesar 16,6%, kontribusi peer support sebesar 12,8%.
Kata Kunci: Perceived Social Support, Academic Resilience, Dewasa Awal, Taruna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Aug 2021 00:26
Last Modified: 19 Aug 2021 00:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item
View Item