DAMPAK CAIRAN NANODIELEKTRIK TERHADAP MINYAK DEDAK PADI SEBAGAI ALTERNATIF ISOLASI CAIR TRANSFORMATOR = THE EFFECT OF NANO-DIELECTRIC LIQUID ON RICE BRAN OIL AS AN ALTERNATIVE TO TRANSFORMER LIQUID INSULATION


HARIANTO, RAHMAT (2021) DAMPAK CAIRAN NANODIELEKTRIK TERHADAP MINYAK DEDAK PADI SEBAGAI ALTERNATIF ISOLASI CAIR TRANSFORMATOR = THE EFFECT OF NANO-DIELECTRIC LIQUID ON RICE BRAN OIL AS AN ALTERNATIVE TO TRANSFORMER LIQUID INSULATION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D032172017_tesis COVER1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D032172017_tesis 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D032172017_tesis DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D032172017_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Rahmat Harianto. Dampak Cairan Nanodielektrik Terhadap Minyak Dedak Padi Sebagai Alternatif Isolasi Cair Transformator (Pembimbing oleh Salama Manjang dan Ikhlas Kitta)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengukuran dan pengamatan pengaruh penambahan nanofluid sebagai peningkatan sifat dielektrik dengan nanopartikel filler berbeda tipe seperti alumina (Al2O3), titania (TiO2), dan magnetite (Fe3O4) ke minyak dedak padi (RBO) tiap sampel menggunakan yaitu sebanyak 0.05 % mg, lalu dibandingkan dengan RBO murni dan minyak mineral. Kemudian dilakukan pengujian sifat kimia, fisik, dan sifat elektrik. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Riset Tegangan Tinggi/Infrastruktur Ketenagalistrikan Universitas Hasanuddin dan Laboratorium Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang. Metode pengujian sifat fisik yaitu viskositas dan densitas, pengujian sifat kimia yaitu kadar air dan kadar asam. Pengujian sifat elektrik yaitu tegangan tembus (Breakdown Voltage) menggunakan elektroda setengah bola (tembereng) dan pelepasan sebagian (Partial Discharge) menggunakan kondisi steady-state dengan elektroda jarum-plat. Hasil percobaan menunjukkan bahwa pada pengujian sifat fisik nilai viskositas dan densitas tidak memenuhi standar ASTM D6871 dan SPLN 49-1. Pengujian sifat kimia yaitu pengujian kadar air RBO murni maupun yang ditambahkan filler Al2O3 dan TiO2 lebih rendah dari minyak mineral yang baru. Sedangkan pengujian kadar asam memenuhi nilai standar ASTM D6871. Pengujian sifat elektrik di tegangan tembus RBO yang menggunakan filler Al2O3 meningkatkan 30% ketahanan isolasi, sedangkan minyak yang menggunakan filler TiO2 turun 27% dan Fe3O4 dapat menurunkan 42% ketahanan isolasi pada RBO. Adapun pada pengujian peluahan sebagian RBO menunjukkan peningkatan resistensi peluahan sebagian pada RBO yang menggunakan nanofluid Al2O3 dibandingkan dengan RBO murni.
Kata kunci: Nanofluid, Minyak Dedak Padi, Tegangan Tembus, Peluahan Sebagian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Aug 2021 05:30
Last Modified: 18 Aug 2021 05:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item
View Item