EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI PROGRAM SAMSAT KELILING PADA KANTOR SISTEM DMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) WILAYAH TAKALAR.


Makmur, Siska Safitri (2021) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI PROGRAM SAMSAT KELILING PADA KANTOR SISTEM DMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) WILAYAH TAKALAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E011171008_skripsi COVER1.png

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E011171008_skripsi 1-2.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E011171008_skripsi DP.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E011171008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Samsat Keliling adalah layanan pengesahan STNK setiap tahun, pembayaran PKB dan SWDKLLJ di dalam kendaraan dengan metode jemput bola yaitu dengan mendatangi pemilik kendaraan/wajib pajak yang jauh dari pusat pelayanan samsat induk. Tujuan Samsat Keliling adalah meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dengan data sekunder yang berasal dari dokumen, dan peraturan peraturan yang berkaitan. Adapun variabel yang digunakan adalah (1) Pencapaian Tujuan, (2) Integrasi , (3) Adaptasi. Hasil penelitian Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Program Samsat Keliling pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Takalar, menunjukkan bahwa indikator pencapaian tujuan berdasarkan sub indikatro waktu pencapaian sudah terlaksaksana secara efektif, dan dari sub indikator sasaran juga sudah terlaksana secara efektif. Dilihat dari indikator integrasi dapat dikatakan belum maksimal, dapat dilihat dari sub indikator sosialisasi yaitu belum adanya sosialisasi khusus yang dilakukan kepada masyarakat, meskipun sub indikator prosedur telah terlaksana dengan baik. Indikator adaptasi juga belum maksimal meskipun dalam sub indikator peningkatan kemampuan telah terlaksana dengan efektif akan tetapi dari segi sarana dan prasarana belum memadai/efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelayanan pemungutan pajak kendaraan bermotor melalui program samsat kelilin dapat dikatakan efektif dikarenakan dari 4 indikator telah terpenuhi dari 6 sub indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Aug 2021 06:41
Last Modified: 12 Aug 2021 06:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5333

Actions (login required)

View Item
View Item