Pratiwi, Lala Nur (2021) Analisis Sikap dan Pendapat Netizen terhadap Video Perubahan Keyakinan Beragama oleh Lima Mualaf: Analisis Isi Kualitatif pada Media Sosial Channel YouTube. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E022182005_tesis cover.png
Download (142kB) | Preview
E022182005_tesis 1-2.pdf
Download (1MB)
E022182005_tesis dp.pdf
Download (350kB)
E022182005_tesis----------------.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) sikap netizen terhadap video perubahan keyakinan beragama oleh lima mualaf pada media sosial YouTube, (2) mendeskripsikan pendapat netizen terhadap video perubahan keyakinan beragama oleh lima mualaf pada media sosial YouTube, dan (3) menganalisis faktor yang memengaruhi video perubahan keyakinan beragama oleh mualaf mendapatkan respons terbanyak oleh netizen media sosial YouTube.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sikap netizen terhadap video perubahan keyakinan beragama oleh mualaf pada media sosial youtube menunjukkan sikap persetujuan dan penolakan. Netizen menunjukkan sikapnya tidak hanya berdasarkan keadaan yang dialami tetapi mengaitkannya dengan pengalaman dan harapan untuk situasi yang akan datang sehingga adanya perbedaan pengalaman dan harapan tersebut menjadi penjelasan bagaimana suatu peristiwa yang sama disikapi berbeda antar netizen. Kedua, Pendapat netizen terhadap video perubahan keyakinan beragama oleh lima mualaf pada media sosial youtube adalah terbagi atas komentar positif, komentar negatif, dan komentar netral. Peneliti berasumsi pengunggah video mualaf berhasil menyebarkan kontennya dan menjadi suatu stimuli yang mendorong netizen mengungkapkan pendapatnya. Perbedaan pendapat diindikasikan karena adanya perbedaan pengalaman, preferensi pengetahuan, budaya, dan kepercayaan yang turut memengaruhi netizen menyatakan pendapatnya. Ketiga, Faktor yang memengaruhi video perubahan keyakinan beragama oleh mualaf mendapatkan respons terbanyak oleh netizen media sosial youtube adalah karena ketertarikan netizen atas kecantikan visual para mualaf, beragamnya perjalanan para mualaf menemukan kebenaran islam, prinsip kebaruan yang mengundang perhatian netizen untuk mengetahui peristiwa terbaru khususnya jika dikaitkan dengan tokoh publik, dan prinsip perulangan juga menjadi dorongan bagi netizen untuk memberikan respons atas informasi yang berulangkali diterima.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap, Pendapat, Mualaf, YouTube |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 00:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 00:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5319 |