PENGARUH DUAL-TASK TRAINING (MOTOR-COGNITIVE) TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK PADA ANAK USIA SEKOLAH


LESTARI, EKA (2019) PENGARUH DUAL-TASK TRAINING (MOTOR-COGNITIVE) TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK PADA ANAK USIA SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_C13115303_Cover1.jpg

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_C13115303(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_C13115303(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_C13115303(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

EKA LESTARI Pengaruh Dual-Task Training (Motor-Cognitive) terhadap Memori Jangka Pendek Pada Anak Usia Sekolah
Anak usia sekolah merupakan masa anak terjun ke dalam lingkungan sosial yang lebih luas dan mulai menghadapi tugas-tugas baru. Perkembangan anak pada masa ini harus selalu diperhatikan, mulai dari perkembangan kognitif, motorik, sensorik, fisik, bahasa, dan emosional anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dual-task training (motor-cognitive) terhadap perubahan memori jangka pendek pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan jenis rancangan time series experimental design (post-test setiap minggu dilakukan). Subjek penelitian yaitu anak usia 10-11 tahun di SD Inpres Kera-Kera, Makassar yang dalam kondisi sehat baik secara fisik dan mental, memiliki IMT normal dan tidak mengalami gangguan keseimbangan. Jumlah responden sebanyak 30 orang (di luar dropout) dan menjalani pelatihan dual-task training selama 4 minggu (12 kali perlakuan).
Hasil penelitian setelah dilakukan uji normalitas Shapiro Wilk diperoleh sebaran data tidak normal (p<0,05), kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Friedman+Pos Hoc Wilcoxon dan diperoleh nilai signifikan p=0,000 (p<0,05). Hasil analisis data yang dillihat mulai dari pretest, post-test 1, post-test 2, post-test 3, dan post-test 4 menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dual-task training (motor-cognitive) terhadap perubahan memori jangka pendek pada anak usia sekolah.
Kata Kunci: dual-task training, memori jangka pendek, anak usia sekolah, digit span test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jul 2021 00:36
Last Modified: 26 Jul 2021 00:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item
View Item