POLITENESS EXPRESSIONS OF THE YOUTHFUL MALAYSIAN MINISTERS’ COMMENTS CONCERNING ISRAEL ATHLETE BAN ISSUE: A PRAGMATIC ANALYSIS


BASAR, ANDI RASIDA (2019) POLITENESS EXPRESSIONS OF THE YOUTHFUL MALAYSIAN MINISTERS’ COMMENTS CONCERNING ISRAEL ATHLETE BAN ISSUE: A PRAGMATIC ANALYSIS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_F21115506_Cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_F21115506(FILEminimizer) 1-2.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_F21115506(FILEminimizer) dapus-lam.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_F21115506(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Rasida Basar, Ekspresi Kesopanan Menteri Pemuda Malaysia dalam Mengomentari Masalah Larangan Olahragawan Israel: Analisis Pragmatik (dibimbing oleh Sukmawaty dan Ayub Khan). Dalam penelitian ini, penulis membahas studi kesopanan linguistik berdasarkan teori kesopanan Brown dan Levinson, yaitu ekspresi kesopanan positif dan negatif. Penelitian ini menganalisis penerapan strategi kesopanan di HardTalk BBC. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan ekspresi kesopanan positif yang digunakan oleh Menteri Muda Malaysia di HardTalk BBC,untuk mengungkapkan ekspresi kesopanan negatif yang digunakan oleh Menteri Muda Malaysia di HardTalk BBC dan menguraikan faktor yang mempengaruhi Menteri Muda Malaysia menggunakan ekspresi kesopanan positif dan negatif di HardTalk BBC. Penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam melakukan penelitian ini. Untuk mendapatkan data, penulis menonton video, kemudian menyalin ucapan pada HardTalk BBC. Dalam melakukan analisis, langkahlangkah yang digunakan adalah mengklasifikasikan kesopanan positif dan negatif, mengidentifikasi strategi kesopanan positif dan negatif yang digunakan berdasarkan teori Brown dan Levinson (1987), kemudian menganalisis variabel sosiologis yang mempengaruhi realisasi kesopanan. Dalam mewujudkan kesopanan positif, ditemukan bahwa ada sembilan sub-strategi yang diterapkan dalam analisis ini. Kemudian, ada dua sub-strategi kesopanan negatif yang ditemukan dalam analisis ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan kesopanan negatif dan positif adalah imbalan dan variabel sosiologis terdiri dari jarak sosial, kekuatan relatif dan peringkat pengenaan.
Kata kunci: Kesopanan Positif, Kesopanan Negatif, Imbalan, Variabel Sosiologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2021 01:53
Last Modified: 13 Jul 2021 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item
View Item