Kontribusi Person-Job Fit terhadap Kinerja Karyawan Bidang Marketing = Contribution of Person-Job Fit to Employee Performance in Marketing.


RAMADHANI, A. AULIA (2025) Kontribusi Person-Job Fit terhadap Kinerja Karyawan Bidang Marketing = Contribution of Person-Job Fit to Employee Performance in Marketing. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C021201043-Cover.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
C021201043-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021201043-Dp(FILEminimizer).pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021201043-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A. Aulia Ramadhani, C021201043, Kontribusi Person-Job Fit terhadap Kinerja Karyawan Bidang Marketing, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, Universitas Hasanuddin, 2024. xii + 74 halaman + 29 lampiran Kinerja dapat didefinisikan sebagai efektivitas perilaku karyawan dalam bekerja yang diukur berdasarkan kriteria keberhasilan tertentu, seperti kuantitas atau kualitas dari pekerjaan yang telah dilakukan. Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kompetensi. Kesesuaian kompetensi dengan pekerjaan individu disebut juga person-job fit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi person-job fit terhadap kinerja pada karyawan di bidang marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 203 orang Karyawan Bidang Marketing dari instansi BUMN maupun Swasta. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi bivariate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi dari variabel person-job fit terhadap kinerja karyawan bidang marketing. Hal tersebut dapat diketahui dengan melihat nilai signifikansi yang telah diperoleh dari hasil analisis regresi sederhana, yaitu sebesar <0.001 lebih kecil dari 0.05 (<0.05). Adapun nilai kontribusi yang diperoleh adalah sebesar 33,8%, yang berarti bahwa person-job fit memiliki kontribusi terhadap kinerja sebesar 33,8%. Lalu diperoleh juga nilai standard error estimate sebesar 10.338, serta nilai unstandardized coefficient (β) sebesar 25.327 dan 1.920. Nilai tersebut mengartikan bahwa person-job fit memiliki kontribusi positif terhadap kinerja. Lebih lanjut, adanya peningkatan person-job fit pada Karyawan Bidang Marketing akan diikuti dengan peningkatan kinerja sebesar 1.920.

Kata Kunci: person-job fit, kinerja kinerja, karyawan bidang makering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Person-job fit, employee performance, marketing employee.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 23 Sep 2025 00:52
Last Modified: 23 Sep 2025 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49690

Actions (login required)

View Item
View Item