PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI KOMUNITAS ADAT KAJANG DI KABUPATEN BULUKUMBA = The Role of the Department of Education and Culture in Providing Educational Services for the Kajang Indigenous Community in Bulukumba Regency


Nirmala, Nirmala (2025) PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI KOMUNITAS ADAT KAJANG DI KABUPATEN BULUKUMBA = The Role of the Department of Education and Culture in Providing Educational Services for the Kajang Indigenous Community in Bulukumba Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051201068-SkrifHlNhKZ0RwDQ-20250125122427.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051201068-1-2.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051201068-dp.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051201068-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NIRMALA. Peran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pelayanan Pendidikan Bagi Komunitas Adat Kajang di Kabupaten Bulukumba (dibimbing oleh Rahmatullah) Latar belakang. Masalah kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan serta ketertinggalan bangsa ini adalah akibat dari kurang dan lemahnya perhatian pemerintah pada sektor pendidikan. Pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara, termasuk masyarakat adat didalamnya. Masyarakat adat juga merupakan warga negara sehingga berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak dan sesuai dengan kehidupan mereka. Tujuan. Penelitian ini mengidentifikasi persoalan-persoalan terkait penyelenggaraan pendidikan layanan khusus bagi komunitas adat Kajang. Metode. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi langsung. Analisis data bersifat kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi yang menggunakan pendekatan etnografi dengan mendeskripsikan suatu kebudayan untuk memahami suatu pandangan hidup melalui sudut pandang pemilik kebudayaan hingga menemukan prinsip-prinsip hidup yang tersembunyi dalam kebudayaan. Hasil. Penelitian ini menunjukkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat adat kajang belum maksimal didalam memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai dengan kondisi kebudayaan masyarakat adat kajang. Pelayanan pendidikan semestinya tidak diorientasikan secara homologal dalam arti standarisasi secara nasional yang diperuntukkan untuk semua masyarakat termasuk bagi komunitas adat, karena masing-masing budaya itu mempunyai kebenaran dan konteks budaya mereka masing-masing. Kata kunci: Pendidikan, Pelayanan, Komunitas Adat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Education, Services, Indigenous Community
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:53
Last Modified: 17 Sep 2025 02:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49528

Actions (login required)

View Item
View Item