STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA ANGGOTA IWAPI UWU UTARA DALAM ERA DIGITAL = BUSINESS CONTINUITY STRATEGIES OF IWAPI NORTH LUWU MEMBERS IN THE DIGITAL ERA


Amaliah, Yuni Rezki (2024) STRATEGI KEBERLANGSUNGAN USAHA ANGGOTA IWAPI UWU UTARA DALAM ERA DIGITAL = BUSINESS CONTINUITY STRATEGIES OF IWAPI NORTH LUWU MEMBERS IN THE DIGITAL ERA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031201028-aKxtMWkwpJPRuo1c-20250116204743.jpg

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031201028-1-2.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031201028-dp.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031201028-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 December 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi keberlangsungan usaha pada anggota IWAPI Luwu Utara dalam penguatan digital saat ini. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC IWAPI) Luwu Utara pada bulan Agustus – September 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel 42 orang anggota aktif IWAPI Luwu Utara selaku pemilik usaha dengan menggunakan sensus sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan nahwa terdapat faktor yang berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha yaitu: (1) Literasi keuangan memiliki peranan penting dalam peningkatan pengetahuan pengelolaan keuangan pada anggota IWAPI Luwu Utara dilihat dari penggunaan asal modal dari tabungan pribadi dan digunakan untuk kebutuhan operasional dan stok barang; (2) Inovasi produk yang dilakukan lebih dominan pada variasi produk (rasa, warna, ukuran) produknya, kemudian terdapat ciri khas yang dimiliki, yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas produk yang konsisten bagi konsumen/pelanggan; (3) Penguatan digital dalam penggunaan media sosial sebagai tempat promosi sudah sering dilakukan dengan menggunakan Facebook, Instagram dan Whatsapp sebagai media yang selalu dan cukup familiar digunakan karena memiliki target pasar yang luas dalam peningkatan usaha dan keberlangsungan usaha. Strategi kelangsungan yang dilakukan yaitu dengan melihat pertumbuhan usaha, ekspansi usaha, inovasi usaha serta ketahanan usaha agar dapat beraptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Keberlangsungan usaha, literasi keuangan, inovasi usaha, teknologi digital, IWAPI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 16 Sep 2025 06:57
Last Modified: 16 Sep 2025 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49494

Actions (login required)

View Item
View Item