AGUSSALIM, ANGGIT AULIA (2025) RESPONSIVITAS PELAYANAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA KENDARI = SERVICE RESPONSIVENESS IN THE IMPLEMENTATION OF INCLUSIVE EDUCATION IN KENDARI CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/49472/1.hassmallThumbnailVersion/E012222006-Cover.jpg)

E012222006-Cover.jpg
Download (355kB) | Preview
![[thumbnail of Bab1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222006-1-2(FILEminimizer).pdf
Download (343kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222006-dp(FILEminimizer).pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222006-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya keterlibatan semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis responsivitas pelayanan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Kendari dengan menggunakan lima prinsip Potter, yaitu akses, pilihan, informasi, pengaduan, dan perwakilan. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara kepada pemangku kepentingan, seperti tenaga pendidik, orang tua, dan Lembaga swadaya Masyarakat pemerhati Disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya signifikan dalam meningkatkan aksesibilitas dan pilihan bagi siswa berkebutuhan khusus, tantangan masih ada dalam hal penyampaian informasi yang efektif dan keterlibatan orang tua. Indikator perwakilan belum sepenuhnya tercapai, yang mencerminkan perlunya kolaborasi lebih lanjut antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi non-pemerintah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan mekanisme pengaduan dan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa suara siswa dan orang tua benar-benar diakui dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, pendidikan inklusif di Kota Kendari dapat lebih responsif dan efektif dalam memenuhi kebutuhan semua peserta didik.
Keyword : Responsivitas Pelayanan, Pendidikan Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Service Responsiveness, Inclusive Education, Students with Special Needs. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:22 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:22 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49472 |