PENGARUH LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KESEHATAN KOTA MAKASSAR = THE IMPACT OF LEARNING ORGANIZATION ON SERVICE QUALITY AT THE MAKASSAR CITY HEALTH DEPARTMENT OFFICE


JUNUS, ST. RAHMA ANDHINI (2025) PENGARUH LEARNING ORGANIZATION TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINAS KESEHATAN KOTA MAKASSAR = THE IMPACT OF LEARNING ORGANIZATION ON SERVICE QUALITY AT THE MAKASSAR CITY HEALTH DEPARTMENT OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011211031-Cover.jpeg

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
E011211031-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (530kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011211031-dp(FILEminimizer).pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011211031-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 31 October 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh learning organization terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kesehatan kota Makassar. Melalui survey kepatuhan standar pelayanan publik, seluruh instansi perlu untuk memenuhi standar pelayanan sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Penelitian ini menganalisis sejauh mana penerapan indikator-indikator learning organization dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada suatu organisasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penerapan learning organization terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kesehatan Kota Makassar. Hal ini dinyatakan dengan nilai koefisien determinasi (R²) yang menunjukkan sekitar 43,6% variasi dalam kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel learning organization. Dengan penerapan learning organization, sebuah organisasi atau instansi dapat meningkatkan kualitas pelayanannya secara signifikan. Pegawai yang lebih terlatih, pola pikir yang lebih terbuka, dan kerja sama tim yang bagus akan menghasilkan pelayanan yang lebih baik.

Keyword : Learning Organization; Kualitas Pelayanan; Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Organization; Service Quality; Public Services.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:27
Last Modified: 15 Sep 2025 07:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49438

Actions (login required)

View Item
View Item