Strategi Komunikasi CSR PT Parani Sawit Sejahtera dalam Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat = CSR Communication Strategy of PT Parani Sawit Sejahtera in Impoving Community Welfare


Solthan, Muh. Rayhan Attar (2024) Strategi Komunikasi CSR PT Parani Sawit Sejahtera dalam Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat = CSR Communication Strategy of PT Parani Sawit Sejahtera in Impoving Community Welfare. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021201008-eaoGLUIyfvEFplSB-20250123150346.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201008-1-2.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201008-dp.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201008-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUH RAYHAN ATTAR SOLTHAN. Strategi Komunikasi CSR PT Parani Sawit Sejahtera Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Dibimbing Oleh Andi Alimuddin Unde. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi komunikasi CSR yang dilakukan oleh PT Parani Sawit Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. (2) mengetahui faktor hambatan yang dihadapi oleh PT Parani Sawit Sejahtera dalam mengkomunikasikan program CSR dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari pihak manajemen perusahaan, pemerintah desa, dan masyarakat penerima manfaat program CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi CSR PT Parani Sawit Sejahtera meliputi beberapa tahapan, yaitu analisis situasi, penentuan tujuan, analisis audiens, perencanaan pesan, pemilihan media, implementasi, serta evaluasi program. Program CSR yang dijalankan berfokus pada empat pilar utama: pemberdayaan ekonomi (Parani Mandiri), peningkatan kualitas kesehatan (Parani Sehat), pendidikan (Parani Unggul), dan pelestarian lingkungan (Parani Lestari). Faktor pendukung implementasi strategi komunikasi adalah dukungan manajemen dan kolaborasi dengan berbagai pihak, sedangkan hambatan utama meliputi keterbatasan akses komunikasi dan kurangnya partisipasi aktif sebagian masyarakat. Secara keseluruhan program CSR yang dikomunikasikan melalui pendekatan persuasif dan partisipatif berhasil memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti peningkatan pendapatan, akses layanan kesehatan, dan kualitas pendidikan. Namun, perbaikan dalam aspek komunikasi dan partisipasi publik masih diperlukan untuk memaksimalkan hasil yang dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi, CSR, PT Parani Sawit Sejahtera, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:02
Last Modified: 15 Sep 2025 07:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49426

Actions (login required)

View Item
View Item