Kesesuian Tingkat Keterbacaan Teks Pada Buku Pembelajaran Basa Ugi Pasuloi = The Appropriateness of Text Readability Level in Basa Ugi Pasuloi Learning Book


MULDASARI, MULDASARI (2025) Kesesuian Tingkat Keterbacaan Teks Pada Buku Pembelajaran Basa Ugi Pasuloi = The Appropriateness of Text Readability Level in Basa Ugi Pasuloi Learning Book. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021181317-Cover.jpg

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
F021181317-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021181317-dp(FILEminimizer).pdf

Download (104kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021181317-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK Muldasari, 2024. Kesesuian Tingkat Keterbacaan Teks Pada Buku Pembelajaran Basa Ugi Pasuloi (Dibimbing oleh Gusnawaty). Tingkat keterbacaan adalah ukuran yang menunjukkan sejauhmana suatu teks mudah atau sulit dipahami serta kesesuaiannya dengan kemampuan pembaca yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterbacaan teks dalam buku pembelajaran Basa Ugi Pasuloi untuk kelas VII dan VIII. Pengukuran dilakukan menggunakan Grafik Raygor yang telah dimodifikasi oleh Hardjasujana, dengan menghitung rata-rata panjang kalimat dan jumlah kata sulit pada setiap teks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-deskriptif dengan data 15 teks bacaan dari buku tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan teks pada buku kelas VII, tiga teks dinyatakan “Sesuai,” empat teks “Tidak Sesuai,” dan dua lainnya dikategorikan “Invalid.” Selanjutnya, pada buku kelas VIII, dari enam teks yang dianalisis, tiga teks termasuk “Tidak Sesuai” dan tiga lainnya dinyatakan Invalid. Secara keseluruhan, hanya 20% teks yang sesuai, sedangkan 47% tidak sesuai, dan 33% dikategorikan “Invalid”. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar teks belum sesuai dengan kemampuan siswa yang menjadi tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, direkomendasikan agar penulis buku lebih memperhatikan faktor keterbacaan, terutama dalam pemilihan kosakata, struktur kalimat, dan penggunaan bahasa yang sederhana. Penyesuaian ini diperlukan untuk meningkatkan relevansi dan efektivitas buku sebagai sarana pembelajaran. Dengan demikian, buku diharapkan dapat lebih mendukung kebutuhan siswa sesuai tingkat pendidikannya.

Kata Kunci: Tingkat Keterbacaann Teks, Formula Keterbacaan, Grafik Raygor, Buku Teks Pembelajaran, Basa Ugi Pasuloi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Text Readability Level, Readability Formula, Raygor Graph, Learning Textbook, Basa Ugi Pasuloi.
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:14
Last Modified: 10 Sep 2025 07:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49276

Actions (login required)

View Item
View Item