MS, Muhammad Kahfi (2025) Evaluasi Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Duolingo Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan End User Computing Satisfaction (EUCS) = Evaluation of the Quality of Duolingo Application User Experience Using the System Usability Scale (SUS) and End User Computing Satisfaction (EUCS) Methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/49174/1.hassmallThumbnailVersion/H071211028-3LBij07gZKA4XHcf-20250303163511.jpg)

H071211028-3LBij07gZKA4XHcf-20250303163511.jpg
Download (369kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
H071211028-1-2.pdf
Download (815kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
H071211028-dp.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
H071211028-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 February 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Pendidikan telah mengalami transformasi yang signifikan karena teknologi digital, yang telah meningkatkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan keterlibatannya. Dengan strategi gamifikasi yang meningkatkan keterlibatan pengguna, aplikasi Duolingo adalah sumber belajar bahasa yang sangat disukai, terutama untuk belajar bahasa Inggris. Tujuan. Metode System Usability Scale (SUS) dan End User Computing Satisfaction (EUCS) akan digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi kegunaan dan kepuasan pengguna dari program Duolingo. Metode. 404 responden diperoleh untuk penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel rumus Slovin. Sepuluh item SUS dan lima komponen EUCS, content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness dimasukkan dalam survei online yang digunakan untuk mengumpulkan data. Statistik deskriptif digunakan dalam analisis untuk menilai skor SUS dan EUCS. Hasil. Aplikasi tersebut memiliki tingkat kegunaan yang baik, dengan skor SUS rata-rata 78,86 (grade B+). Kelima komponen, content (4.4), accuracy (4.2), format (4.5), ease of use (4.5), dan timeliness (4.4), menghasilkan hasil yang sangat baik untuk EUCS. Sebagian besar responden berusia antara 18 dan 24 tahun, dan mereka menghabiskan rata-rata kurang dari 30 menit sehari. Kesimpulan. Khususnya dalam hal kegunaan dan desain antarmuka, Duolingo menawarkan pengalaman pengguna yang positif dan kepuasan yang tinggi. Strategi gamifikasinya meningkatkan efektivitas dan keterlibatan pembelajaran bahasa Inggris, terutama untuk pengguna yang lebih muda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi aplikasi; pembelajaran daring; usability; kepuasan pengguna; gamifikasi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:11 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49174 |