Perlindungan Konsumen Pada Sistem Antrian Pasien Rawat Jalan di RSUD La Temmamala = Consumer Protection In The Outpatient Queuing System At RSUD La Temmamala


DEINDHA PUTRI ARIEF DIMAS, REASHIQAH (2025) Perlindungan Konsumen Pada Sistem Antrian Pasien Rawat Jalan di RSUD La Temmamala = Consumer Protection In The Outpatient Queuing System At RSUD La Temmamala. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of SAMPUL]
Preview
Image (SAMPUL)
B011201271-fRtl5FBsXLqJ2D6H-20250124220803.jpg

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1-2] Text (BAB 1-2)
B011201271-1-2.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of DAPUS] Text (DAPUS)
B011201271-dp.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of FULL TEKS] Text (FULL TEKS)
B011201271-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

REASHIQAH DEINDHA PUTRI ARIEF DIMAS (B011201271) dengan judul “PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PASIEN DALAM SISTEM ANTRIAN RAWAT JALAN DI RSUD LA TEMMAMALA” di bawah bimbingan Amaliyah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum bagi pasien rawat jalan yang antri dan mengalami kerugian, dan bentuk pertanggungjawaban RSUD La Temmamala terhadap pasien rawat jalan yang antri dan mengalami kerugian. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau penelitian hukum sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menghasilkan suatu kesimpulan dan solusi untuk menangani permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yaitu: (1) Perlindungan hukum bagi pasien rawat jalan yang melakukan layanan antrian dan mengalami kerugian di RSUD La Temmamala belum tersedia secara memadai. Tindakan Rumah sakit terbatas dengan menyediakan layanan konsultasi dan aduan (customer care) melalui aplikasi, sms, email, website, telepon, kotak saran, dan media yang hanya bersifat administratif dan cenderung tidak memberikan tanggapan yang substansial terhadap laporan pasien. (2) Bentuk tanggung jawab RSUD La Temmamala terhadap pasien yang melakukan layanan antri dan mengalami kerugian baik materiel maupun imateriel belum mencerminkan tanggung jawab sebagaimana yang dimuat UUPK. Penyelesaian yang ditempuh masih terbatas dengan cara musyawarah mufakat atau kekeluargaan akibat keterbatasan anggaran rumah sakit, sehingga belum ada mekanisme pemulihan hak yang konkret. Akibatnya, kepastian hukum bagi pasien belum tercapai kepastian hukum bagi pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Kerugian, Pasien, Perlindungan Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:57
Last Modified: 04 Sep 2025 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49070

Actions (login required)

View Item
View Item