PENGARUH VIRTUAL REALITY EXERGAME TERHADAP RISIKO JATUH PADA LANJUT USIA = THE EFFECT OF VIRTUAL REALITY EXERGAME ON RISK OF FALL IN ELDERLY


SUWASTI, ANDI (2025) PENGARUH VIRTUAL REALITY EXERGAME TERHADAP RISIKO JATUH PADA LANJUT USIA = THE EFFECT OF VIRTUAL REALITY EXERGAME ON RISK OF FALL IN ELDERLY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C215202005-.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C215202005-1-2.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C215202005-dp.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
C215202005-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pendahuluan: World Health Organization (WHO) menyoroti aktivitas fisik sebagai salah satu strategi terpenting untuk meningkatkan kesehatan populasi lanjut usia. Saat ini terjadi peningkatan terhadap ketertarikan dalam penggunaan teknologi video game kesehatan interaktif untuk menarik masyarakat dalam melakukan kegiatan fisik. Kombinasi latihan dengan video game interaktif dikenal sebagai exergaming. Virtual reality exergame membuat latihan terasa menyenangkan dan menarik untuk lansia, oleh karena itu membuat mereka lebih menyukai untuk melanjutkan latihan dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh latihan virtual reality exergame terhadap risiko jatuh pada orang lanjut usia. Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan desain randomized controlled trial dengan melibatkan 40 orang subyek lansia. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai dengan Juli 2024. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan metode wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan Berg Balance Scale (BBS), dan Time Up and Go test (TUG). Kemudian dilanjutkan dengan pemberian latihan virtual reality exergame guided tai chi pada kelompok eksperimen dan latihan tai chi konvensional pada kelompok kontrol. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan skor BBS dan TUG pada minggu ke 6. Hasil: Latihan virtual reality exergame guided tai chi memberikan hasil signifikan pada BBS dengan peningkatan median dari 52,5 menjadi 56 (p = 0,000). Perbaikan skor TUG pada kelompok virtual reality exergame guided tai chi dinilai signifikan dengan median dari 8 menjadi 7 (p = 0,002). Pada kelompok kontrol dengan latihan tai chi konvensional juga menunjukkan peningkatan signifikan pada skor BBS dengan median dari 53 menjadi 56 (p = 0,000). Demikian pula skor TUG pada kelompok konvensional menunjukkan perbaikan signifikan dengan median dari 8 menjadi 6.50 (p = 0,002). Uji perbandingan antar kelompok menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok baik pada luaran BBS (p = 0,741) maupun pada luaran TUG (p = 0,415). Kesimpulan: Latihan tai chi dengan metode konvensional dan virtual reality exergame sama-sama terbukti memberikan pengaruh positif terhadap keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh pada orang lanjut usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, exergame, tai chi, risiko jatuh, berg balance scale, time up and go test, lanjut usia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS - Ilmu Bedah Saraf
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Sep 2025 00:12
Last Modified: 08 Sep 2025 00:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/49057

Actions (login required)

View Item
View Item