KONSEP MARKETING MIX 7P: STRATEGI SOLUSI PENYELESAIAN MASALAH PADA PERUSAHAAN TIDAK BERSALAH YANG TERDAMPAK BURUK AKIBAT ADANYA AKSI PEMBOIKOTAN = THE CONCEPT OF 7P MARKETING MIX: A PROBLEM SOLVING SOLUTION STRATEGY FOR INNOUCENT COMPANIES ADVERSELY AFFECTED BY BOYCOTT ACTION


ADHYAKSA, ANDI MUH. FITRA (2024) KONSEP MARKETING MIX 7P: STRATEGI SOLUSI PENYELESAIAN MASALAH PADA PERUSAHAAN TIDAK BERSALAH YANG TERDAMPAK BURUK AKIBAT ADANYA AKSI PEMBOIKOTAN = THE CONCEPT OF 7P MARKETING MIX: A PROBLEM SOLVING SOLUTION STRATEGY FOR INNOUCENT COMPANIES ADVERSELY AFFECTED BY BOYCOTT ACTION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011211273-Cover.jpeg

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
B011211273-1-2(FILEminimizer).pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011211273-dp(FILEminimizer).pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011211273-full(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 October 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Riset ini bertujuan untuk memberikan solusi strategis bagi perusahaan yang mengalami kerugian akibat penyebaran berita hoaks yang mengarah pada aksi pemboikotan, baik melalui jalur litigasi maupun non-litigasi. Metode penelitian yang digunakan untuk jalur litigasi adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, menggunakan analisis hukum normatif dan perspektif dari jurgen habermas. Untuk jalur non-litigasi, penulis menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif dengan desain penjelasan bertahap (Sequential Explanatory Design), serta analisis statistika dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang terdampak kerugian akibat penyebaran berita hoaks dapat menggunakan jalur litigasi atau jalur hukum, baik melalui hukum pidana maupun hukum perdata. Hal ini menegaskan bahwa Indonesia memiliki dasar hukum yang dapat digunakan untuk melindungi pihak yang dirugikan akibat penyebaran berita hoaks. Sedangkan untuk jalur non-litigasi, penulis merekomendasikan penggunaan strategi berbasis konsep marketing mix 7P, dengan formula yang telah dirancang dan divalidasi oleh ahli ekonomi di bidang manajemen pemasaran sebagai langkah pencegahan yang dapat diterapkan oleh perusahaan yang terdampak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi solusi strategis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan yang tidak bersalah, akibat pemboikotan yang disebabkan oleh penyebaran berita hoaks.

Keyword : Boikot, Marketing Mix 7P, Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Boycott, Company, 7P Marketing Mix.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 03 Sep 2025 05:33
Last Modified: 03 Sep 2025 05:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48974

Actions (login required)

View Item
View Item