SIMULASI NUMERIK RESONANSI PELABUHAN MENGGUNAKAN METODE MACCORMACK DENGAN BOTTOM FRICTION = NUMERICAL SIMULATION OF HARBOUR RESONANCE USING MACCORMACK METHOD WITH BOTTOM FRICTION


Miftahussa'adah.S, Balqis (2025) SIMULASI NUMERIK RESONANSI PELABUHAN MENGGUNAKAN METODE MACCORMACK DENGAN BOTTOM FRICTION = NUMERICAL SIMULATION OF HARBOUR RESONANCE USING MACCORMACK METHOD WITH BOTTOM FRICTION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H022221008-.jpg

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H022221008-1-2.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H022221008-dp.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H022221008-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini menyelidiki resonansi gelombang di pelabuhan melalui simulasi numerik dengan mempertimbangkan tiga bentuk topografi yang berbeda: persegi panjang, segitiga, dan semi parabola. Studi ini menganalisis pengaruh linear dan nonlinear bottom friction terhadap dinamika gelombang. Model numerik dibangun berdasarkan persamaan air dangkal satu dimensi yang diselesaikan menggunakan metode MacCormack, sebuah pendekatan beda hingga orde dua yang dikenal dengan akurasi orde dua. Solusi analitik yang diperoleh dari penelitian sebelumnya menggunakan metode pemisahan variabel, menghasilkan periode resonansi fundamental gelombang dan berfungsi sebagai tolok ukur validasi keakuratan hasil numerik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nonlinear bottom friction secara signifikan lebih efektif dalam meredam resonansi gelombang pelabuhan dibandingkan linear bottom friction. Peningkatan nilai koefisien bottom friction menyebabkan penurunan signifikan laju peningkatan amplitudo gelombang, yang menyatakan pentingnya peran bottom friction sebagai mitigasi resonansi. Berdasarkan bentuk topografi pelabuhan, topografi persegi panjang menunjukkan laju peningkatan amplitudo tertinggi, diikuti oleh bentuk semi parabola, sementara pelabuhan topografi segitiga memiliki laju peningkatan terendah. Topografi persegi panjang terbukti paling efektif dalam meredam resonansi karena menunjukkan penurunan laju peningkatan amplitudo gelombang terbesar terhadap peningkatan nilai koefisien bottom friction. Hal ini menegaskan bahwa bentuk topografi dan bottom friction berperan penting dalam menentukan fenomena resonansi gelombang pada pelabuhan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: resonansi gelombang, bottom friction, persamaan linear air dangkal, periode resonansi fundamental, metode MacCormack
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:24
Last Modified: 03 Sep 2025 02:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48964

Actions (login required)

View Item
View Item