JAYANTHI, ALZENA (2025) Kontribusi Learning Agility Terhadap Work Engagement Pada Tenaga Kependidikan Universitas X= Contribution of Learning Agility to Work Engagement at Education Personnel of University X. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48799/1.hassmallThumbnailVersion/C021201031-CnXFLw2Myl3IV6pf-20250320110909.jpg)

C021201031-CnXFLw2Myl3IV6pf-20250320110909.jpg
Download (328kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C021201031-1-2.pdf
Download (331kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
C021201031-dp.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
C021201031-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Organisasi di era globalisasi yang berkembang pesat dituntut untuk beradaptasi dengan perubahan guna mempertahankan eksistensi dan daya saing. Perubahan orga nisasi yang turut terjadi di Universitas X melibatkan perubahan struktur, proses kerja, dan kebijakan internal. Penerapan prinsip kerja agile juga diberlakukan untuk meningkatkan responsivitas dan inovasi tenaga kependidikan. Namun, perubahan ini sering kali berdampak pada kesiapan tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan yang mampu belajar dengan cepat dan menyesuaikan diri terhadap perubahan cenderung lebih engaged terhadap pekerjaannya, sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan dan pencapaian organisasi. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi learning agility terhadap work engagement pada tenaga kependidikan Universitas X. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Responden dalam penelitian ini berjumlah 303 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan analisis regresi sederhana pada IBM Statistic 26 for Windows. Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa learning agility berpengaruh signifikan terhadap work engagement tenaga kependidikan (R² = 0.333 dan p = < 0.05). Kedua variabel juga saling berkorelasi satu sama lain (R = 0.577) dan dimensi yang berkorelasi paling tinggi adalah Results Agility dan Absorption. Kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kontribusi learning agility terhadap work engagement pada tenaga kependidikan Universitas X.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan organisasi; Learning agility; Work engagement; Perubahan kebijakan; Tenaga kependidikan. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48799 |