Nur, Nurhadi (2024) PENGGUNAAN STIKER DALAM POLA INTERAKSI MAHASISW FISIP UNHAS DI MEDIA SOSIAL = THE USE OF STICKERS IN THE INTERACTION PATTERNS OF FISIP UNHAS STUDENTS ON SOCIAL MEDIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48623/1.hassmallThumbnailVersion/E031191070-eIFXy3xwiBpChT9O-20250318141055.jpg)

E031191070-eIFXy3xwiBpChT9O-20250318141055.jpg
Download (429kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191070-1-2.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191070-dp.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191070-full text.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 December 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian berfokus kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin untuk melihat dan mengetahui serta menganalisis keefektifan untuk membangun pola interaksi dan pemaknaan mahasiswa dalam mennggunakan stiker dimedia sosial seperti Whatsapp,Instagram dan Tik-tok. Kedua persoalan sebelumnya lalu diuraikan melalui analisis teori interaksionisme simbolik Herbert Blumer dan memakai kajian sosiologi digital sebagai bentuk pembaruan terhadap perkembangan ilmu sosiologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian yakni studi kasus dan bersifat deskriptif. Hasil penelitian dari seluruh informan menunjukkan bahwa secara umum fitur stiker digunakan untuk menunjang sekaligus membangun interaksi agar bisa lebih mengakrabkan dalam media sosial. Hal ini disebabkan karena setiap informasi selalu tersampaikan dengan dorongan emosi atau ekspresi dari stiker ke dalam percakapan yang dilakukan di media sosial seperti Whatsapp,Instagram dan Tik-tok. Sedangkan pada proses pemaknaannya,Stiker mampu mengekspresikan makna-makna yang melekat dengan diri informan dalam sebuah percakapan secara virtual. Penelitian ini memang tidak membuktikan tetapi lebih untuk menggali apa yang mendasari pemaknaan dan respon terhadap penggunaan stiker sebagai bentuk ekspresi yang terjadi dalam merespon interaksi yang terjadi dalam percakapan di media sosial seperti Whatsapp,Instagram,dan Tik-tok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Stiker, Interaksionisme Simbolik, Media Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 01:03 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 01:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48623 |