PENGGUNAAN MATERIAL NATURAL-FIBER-REINFORCED POLYMER TERHADAP KAVITASI PROPELLER = USE OF NATURAL-FIBER-REINFORCED POLYMER (NFRP) MATERIAL FOR PROPELLER CAVITATION


AQLYANULQA'DAH, MUHAMMAD GIBRAN (2024) PENGGUNAAN MATERIAL NATURAL-FIBER-REINFORCED POLYMER TERHADAP KAVITASI PROPELLER = USE OF NATURAL-FIBER-REINFORCED POLYMER (NFRP) MATERIAL FOR PROPELLER CAVITATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091201020-SKRIPSI-COVER.jpg

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of Bab1-2] Text (Bab1-2)
D091201020-SKRIPSI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (547kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091201020-SKRIPSI-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091201020-SKRIPSI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 December 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kavitasi propeller menyebabkan menurunnya efisiensi propeller sehingga daya dorong berkurang disisi lain kavitasi menyebabkan kerusakan pada material propeller, akibat munculnya gelembung-gelembung akibat adanya perbedaan tekanan antara dua sisi baling baling, gelembung-gelembung tersebut ada yang pecah ketika didalam air dan ada yang tidak pecah sehingga terbawa ketika baling-baling diangkat ke permukaan, maka gelembung-gelembung tersebut dalam beberapa waktu akan menimbulkan kavitasi pada bagian-bagian tertentu di mana gelembung-gelembung air berada. Penelitian ini bertujuan untuk Menunjukkan pengaruh Material Natural fiber reinforced polymer (NFRP) terhadap kavitasi propulsi. Pemodelan propeller menggunakan software Hydropropcad dengan parameter propeller seperti jumlah blade (Z), diameter (D), expanded blade area ratio (Ae/Ao), pitch ratio rata-rata (P/D), dan putaran propeller, Berdasarkan Hasil dan pembahasan diambil kesimpulan bahwa, Perubahan kecepatan kapal dan material propeller mempengaruhi kavitasi pada propeller kapal. Dimana terjadi perbedaan nilai cavitation number pada material Aluminiium, Rubber dan NFRP. Berdasarkan Kecepatan advance propeller 4.5705 m/s perbedaan nilai cavitation number pada material Aluminium dan Rubber sebesar 0,303%, Aluminium dan NFRP 0,281%. Karena terjadinya kavitasi pada propeller maka terjadi pengurangan berat propeller, pada material Aluminium sebesar 0,038%, material Aluminium sebesar 0,037% dan material Aluminium sebesar 0,026%.

Keyword : Baling-baling, Computational Fluid Dynamic, Kavitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Propeller, Computational Fluid Dynamic, Cavitation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 26 Aug 2025 06:49
Last Modified: 26 Aug 2025 06:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48606

Actions (login required)

View Item
View Item