Ramadani, Mutiah (2025) Pemanfaatan Akun Instagram @Woman choice dalam Upaya Mendukung Pemberdayaan Perempuan Dan Kesetaraan Gender = Utilization of @Woman choice Instagram Account in Efforts to Support Women's Empowerment and Gender Equality. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48603/1.hassmallThumbnailVersion/E021211086-j4KEJTGLb7Om30dn-20250226143913.jpg)

E021211086-j4KEJTGLb7Om30dn-20250226143913.jpg
Download (374kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E021211086-1-2.pdf
Download (669kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E021211086-dp.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E021211086-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MUTIAH RAMADANI, Pemanfaatan Akun Instagram @Womanchoice Dalam Upaya Mendukung Pemberdayaan Perempuan Dan Kesetaraan Gender. (Dibimbing oleh Nosakros Arya). Latar Belakang. Permasalahan gender terus menjadi pembahasan yang banyak mendapat perhatian khalayak dari berbagai kalangan, isu gender merupakan bagian dari isu yang berhubungan langsung dengan permasalahan sosial di tengah masyarakat. Kesetaraan gender dapat diartikan sebagai kesamaan kondisi antara laki- laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak- hak agar dapat berpartisipasi dan berperan aktif di segala bidang ekonomi, politik, dan Pendidikan. Tujuan. Penelitian ini adalah : (1) bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan akun instagram @womanchoice dalam upaya mendukung pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan akun instagram @woman choice dalam upaya mendukung pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Metode. Penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara langsung. Adapun informan penelitian ini adalah founder woman choice, manajer media sosial woman choice, staff media sosial woman choice, dan pengikut woman choice. Informan dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan melakukan observasi dan wawancara, sedangkan data sekundernya dikumpulkan melalui sumber yang sudah ada seperti di internet, buku, ataupun literatur lainnya yang berkaitan. Hasil. Penelitian ini menunjukan bahwa woman choice mampu mengupayakan pemberdayaan perempuan dengan menerapkan berbagai tahap pemberdayaan dan menerapkan komponen media sosial, melalui media sosial Instagram. Tahap penyadaran informasi dan pembentukan perilaku yang dilaksanakan dengan pemanfaatan media sosial melalui konten pesan persuasif, pemberitahuan isu- isu perempuan, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan dilaksanakan dengan penggunaan fitur posting feeds, story, highlight, kemudian tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan kemandirian dilaksanakan dengan penggunaan fitur live, reels, kolaborasi dengan komunitas lain, influencer, brand kecantikan dan kerjasama media. Semuanya diterapkan agar dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keberanian perempuan dalam mengelola diri dan kehidupannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Difusi Inovasi; Feminisme Digital; Instagram; Kesetaraan Gender; Pemberdayaan Perempuan; Pemanfaatan Media Sosial. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 05:29 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 05:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48603 |