Kurupunda, Muhaimin L. Hi. (2025) E-Readiness Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Ternate = E-Readiness of Digital Population Identity Application (IKD) at the Population and Civil Registration Service of Ternate City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48547/1.hassmallThumbnailVersion/E012222007-J715Qb9Y8T0jerxd-20250224214652.jpeg)

E012222007-J715Qb9Y8T0jerxd-20250224214652.jpeg
Download (65kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222007-1-2.pdf
Download (920kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222007-dp.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E012222007-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Muhaimin L. Hi. Kurupunda . E-Readiness Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Ternate (dibimbing oleh Muhammad Yunus dan Muh. Tang. Abdullah). Abstrak penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan elektronik (E-Readiness) aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan teori Wijaya (2006) dengan enam indikator E-Readiness, yaitu E-Leadership, Culture, E-Governance, Human Resources, ICT Infrastructure, dan Business Climate. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui pengumpulan data primer dan sekunder, serta teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan di Dukcapil Kota Ternate menunjukkan kemampuan visioner dan efektif dalam pengimplementasian aplikasi IKD, meskipun sosialisasi dan dukungan sistem perlu diperkuat untuk mencapai target 2025. Program digitalisasi telah menunjukkan kemajuan, namun masih terbatas pada tahap inisiasi dan membutuhkan perhatian lebih dalam hal kesadaran dan pemahaman masyarakat. Aplikasi IKD memberikan kemudahan akses layanan publik, namun tantangan dalam sosialisasi dan penguasaan teknologi, terutama bagi kelompok lansia, masih menjadi kendala. Sumber daya manusia di Dukcapil juga terbatas, terutama dalam bidang Teknologi Informasi, sehingga diperlukan peningkatan pelatihan dan keterampilan. Infrastruktur teknologi yang ada sudah memadai, meskipun perangkat keras yang usang menjadi hambatan dalam kelancaran operasional. Dukcapil Kota Ternate mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk sektor publik dan swasta, dalam mempercepat transformasi digital melalui program inovatif. Penelitian ini menyarankan untuk terus meningkatkan sosialisasi, perbaikan infrastruktur, dan pengembangan keterampilan sumber daya manusia guna memaksimalkan penerapan aplikasi IKD di Kota Ternate.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digitalisasi layanan, e-government, e-readiness, identitas kependudukan digital |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:10 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48547 |