Matandung, Anastasya Minanga Samma (2025) TRANSPARANSI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN TORAJA UTARA (Studi Tentang Pembuatan Kartu Keluarga dan KTP) = TRANSPARENCY OF PUBLIC SERVICES AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRY OFFICE (DUKCAPIL) OF NORTH TORAJA REGENCY (STUDY OF FAMILY CARD AND ID CARD MAKING). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48544/1.hassmallThumbnailVersion/E011211051-tjk3xRF7oyOAXIbh-20250210150052.jpg)

E011211051-tjk3xRF7oyOAXIbh-20250210150052.jpg
Download (231kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211051-1-2.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211051-dp.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011211051-full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Anastasya Minanga Samma’ Matandung (E011211051). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. “Transparansi Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Toraja Utara (Studi tentang Pembuatan Kartu Keluarga dan KTP)” , xvi + 70 Halaman, 4 gambar + 7 tabel + 24 daftar pustaka + 5 lampiran. (Dibimbing oleh Prof.Dr.Muhammad Yunus, MA) Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis lebih dalam mengenai aspek-aspek transparansi di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja Utara, terutama dalam layanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Transparansi dari Agus Dwiyanto(2014). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan terkait transparansi dari pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja Utara kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dengan pemangku jabatan penting dan masyarakat pengguna jasa layanan. Penelitian ini menganalisis 3 indikator di yaitu keterbukaan proses yang menyoroti 3 point yaitu persyaratan, biaya, dan waktu pelayanan. Indikator kedua prosedur pelayanan, dan indikator terakhir yaitu kemudahan mendapatkan informasi. 3 indikator ini digunakan dalam penelitian yang berfungsi sebagai indikator untuk mengukur dan menilai tingkat transparansi yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap setiap indikator menunjukkan hasil yang positif dan tingkat transparansi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja dapat dikatakan cukup baik. Namun disamping itu pula pada indikator Kemudahan Memperoleh Informasi ditemukan hambatan atau kendala yang dapat menjadi tantangan yang potensial dalam menerapkan prinsip transparansi. Untuk itu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat di dalam peningkatan transparansi pelayanan pembuatan dokumen Kependudukan khususnya pada pemberian layanan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Toraja Utara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ransparansi, Pelayanan Publik, (Kartu Tanda Penduduk, Kartu keluarga |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48544 |