Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Beras di Pasar Tradisional Kota Makassar = Factors that Influence Consumer Decision in Buying Rice in the Tradisional Market of Makassar City


ANWAR, IRMAWATI (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Beras di Pasar Tradisional Kota Makassar = Factors that Influence Consumer Decision in Buying Rice in the Tradisional Market of Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021201142-LeYdONWf0ahRD2H8-20250211161502.jpeg

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021201142-3u4O6nmzVyTj70NC-20250211161502.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021201142-DMwCvyNnZ7gmFWE0-20250211161502.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
G021201142-suFtMkocVHXTxyjg-20250211161502.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Beras merupakan salah satu bahan pangan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat di berbagai daerah, termasuk di kota makassar. Masyarakat memiliki berbagai pertimbangan dalam memutuskan untuk berbelanja, terutama ketika memilih tempat untuk membeli bahan pangan seperti beras. Salah satu tempat yang sering dipilih yaitu pasar tradisional. Tujuan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian beras di pasar tradisional kota makassar. Metode. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisisregresi logistik biner dengan menyebarkan lembar kuesioner dengan subjek penelitian adalah konsumen di kota makassar. Hasil. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras di kota makassar diantaranya Variabel pendapatan (0,010), Variabel Kualitas Produk (0,018), Variabel Harga (0,027), Variabel Merek (0,000), Variabel Promosi (0,002), Variabel kebiasaan konsumen (0,025), Variabel Lokasi Penjualan (0,018), Variabel Kenyamanan Tempat (0,013) dan Variabel Pelayanan (0,011). Kesimpulan. Pengujian secara parsial, dari 10 variabel independen yang diuji terdapat delapan variabel yang berpengaruh positif dan signifikan diantaranya variabel pendapatan kualitas produk, harga, merek, promosi, kebiasaan konsumen, lokasi penjualan dan pelayanan, kemudian terdapat satu variabel berpengaruh negatif dan signifikan yaitu kenyamanan tempat, sementara variabel kemasan produk berpengaruh positif namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor, Beras, Keputusan Pembelian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:49
Last Modified: 25 Aug 2025 02:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48525

Actions (login required)

View Item
View Item