PUTRI, UMMUL SHABRINA ARPA (2025) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Padi Dalam Memilih Mitra Pasar di Kabupaten Soppeng = Determinants of Market Partner Selection by Rice Farmers in Marketing Results in Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48515/1.hassmallThumbnailVersion/G021201034-c8I1dlL9HqXKotMD-20250318194841.jpg)

G021201034-c8I1dlL9HqXKotMD-20250318194841.jpg
Download (292kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201034-LXUAN9gxehP1IsMC-20250318194841.pdf
Download (426kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201034-iF72TPgBVuokOsxM-20250318194841.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201034-HB5WMpxdJZXorb1N-20250318194841.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Kabupaten Soppeng merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Selatan dengan total produksi yang dihasilkan 292,378,05 ton dan luas lahan sebesar 51.131,88 hektar. Dengan jumlah produksi tersebut petani harus memikirkan bagaimana cara agar dapat memasarkan hasil panen melalui mitra pasar. Petani memiliki kecenderungan menjual hasil panen mereka pada mitra yang berbeda. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani padi dalam memilih mitra pasar di kabupaten soppeng. Metode. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Soppeng khususnya di Kecamatan Marioriawa dengan jumlah 100 responden petani padi yang dianalisis dengan menggunakan Regresi Logistik Biner. Hasil. Hasil menunjukkan bahwa dari 10 Variabel terdapat 8 variabel independen yang memiliki pengaruh signifikan pada taraf kepercayaan 95% terhadap variabel dependen yaitu jumlah produksi, harga beli, jarak, pengalaman bertani, kecepatan pembayaran, hubungan sosial, akses informasi dan akses kredit. Adapun variabel independen yang tidak memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel dependen antara lain adalah akses alsintan, dan akses saprodi. Kesimpulan. Variabel harga beli, kecepatan pembayaran, hubungan sosial, akses informasi dan akses kredit memiliki pengaruh yang signifikan secara positif terhadap keputusan pemilihan mitra pasar. Variabel independen Jumlah produksi, jarak, dan pengalaman bertani memiliki pengaruh signifikan yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: keputusan: mitra pasar; regresi logistik biner |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48515 |