Determinan Keputusan Pembelian Cabai Merah Besar (Capsicum annuum L.) di Kota Makassar = Determinants of Purchasing Decisions for Large Red Chili (Capsicum annuum L.) in Makassar City


MANJORANG, SASTRIA (2025) Determinan Keputusan Pembelian Cabai Merah Besar (Capsicum annuum L.) di Kota Makassar = Determinants of Purchasing Decisions for Large Red Chili (Capsicum annuum L.) in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021201006-edqrtngpuGY21TI0-20250131125952.jpg

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021201006-ZtExY2R6NDuyUzmd-20250131125952.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021201006-SDiOfx1GKJLhkCQ9-20250131125952.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
G021201006-mFIvq2dpysX7EP9Z-20250131125952.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SASTRIA MANJORANG. Determinan keputusan pembelian cabai merah besar (Capsicum annuum L.) di Kota Makassar (dibimbing oleh A. Nixia Tenriawaru dan Ayu Anisa Amir). Latar belakang. Berdasarkan pengamatan dan wawancara terdahulu yang dilakukan peneliti terhadap pedagang cabai merah besar di beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Makassar, ditemukan bahwa jumlah penjualan (kg) cabai merah besar belum maksimal. Penjualan pedagang ini ditentukan oleh keputusan pembelian konsumen yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penjualannya, pedagang perlu mengetahui dan memahami faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen saat membeli cabai merah besar. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian cabai merah besar di Kota Makassar. Metode. Penentuan responden menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 yang dihitung dengan rumus Cochran. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Hasil. Dalam penelitian ini terdapat 14 variabel independen yang dianalisis, 8 variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen pada taraf 95% yaitu variabel harga, alokasi dana konsumsi, jumlah anggota keluarga, motivasi, dummy selera, dummy tekstur permukaan cabai, dummy ketersediaan, dummy promosi. Sisanya 6 variabel tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel pendidikan, umur, warna cabai, daya simpan, pendapatan, dan akses ke pedagang. Kesimpulan. Hasil interpretasi model menunjukkan bahwa variabel harga, alokasi dana konsumsi, jumlah anggota keluarga, motivasi, dummy selera, dummy tekstur permukaan cabai, dummy ketersediaan, dummy promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian cabai merah besar di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cabai, pembelian, regresi logistik biner
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:40
Last Modified: 25 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48514

Actions (login required)

View Item
View Item