STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) NUGGET IKAN MELALUI PASAR DIGITAL / E COMMERCE DI KOTA MAKASAAR = STRATEGY FOR DEVELOPING MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) FISH NUGGETS THROUGH DIGITAL MARKETS / E-COMMERCE IN MAKASAAR CITY


PAHLAWAN, REZA (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) NUGGET IKAN MELALUI PASAR DIGITAL / E COMMERCE DI KOTA MAKASAAR = STRATEGY FOR DEVELOPING MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMEs) FISH NUGGETS THROUGH DIGITAL MARKETS / E-COMMERCE IN MAKASAAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041211054-Cover.jpg

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041211054-Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041211054-Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041211054-Full Text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2027.

Download (914kB)

Abstract (Abstrak)

Strategi merupakan cara pemimpin bisnis dalam mencapai atau mewujudkan tujuannya, atau misi perusahaannnya. Secara umum strategi merupakan pendekatan secara menyeluruh yang berkaitan dengan pelaksanaan ide/gagasan, perencanaan, dan pelaksanaan suatu kegiatan dalam kurun waktu tertentu. Strategi yang baik lebih menuntut adanyakoordinasi tim kerja, memiliki tema, prinsip pelaksanaan gagasan secara mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip rasional, efisien dalam pendanaan,dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif. Dalam mengembangkan usaha, formulasi strategis yang perlu dilakukan yaitu pentingnya ketersediaan sumber daya potensial, perlunya memahami perubahan pasar dengan cepat, membangun kemitraan, produk terstandar dan berkelanjutan, serta mengembangkan prinsip efisiensi untuk daya saing, dan yang terpenting adalah potensi sumber daya dan tanggap cepat atas permintaan pasar. Nugget ikan merupakan produk diversifikasi pengolahan hasil perikanan yang diadopsi dari luar Indonesia, berupa campuran daging ikan lumat dengan tepung dan bumbu-bumbu berbentuk lempeng atau empat persegi panjang dan dilapisi tepung roti/panir. Nugget ikan merupakan salah satu produk olahan perikanan yang cukup digemari oleh masyarakat, merupakan terobosan baru dalam dunia perikanan. Selain cara pembuatannya yang sederhana dan produk yang praktis disiapkan terutama untuk anak-anak dengan berbagai bentuk yang menarik serta tidak menggunakan bahan pengawet. Era ekonomi digital, UMKM memiliki peluang lebih besar untuk mengakses pasar yang lebih luas melalui platform online. Teknologi seperti e-commerce, media sosial, dan aplikasi pembayaran digital memungkinkan UMKM untuk menjangkau konsumen baru, memperkuat merek, dan mengoptimalkan operasi bisnis. Digitalisasi juga memungkinkan UMKM untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang membantu dalam pengambilan keputusan strategis, seperti pola pembelian pelanggan, tren pasar, dan efisiensi operasional.

Keyword : Strategi Pengembangan, Nugget Ikan, Pasar digital / E Commerce

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development strategy, UMKM, Fish Nuggets, Digital Market/E-Commerce,
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:36
Last Modified: 14 Aug 2025 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48307

Actions (login required)

View Item
View Item