AZZAHRA, NUR AZIZAH (2025) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK OLAHAN IKAN (Studi Kasus Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-zahra di Kota Makassar) = MARKETING MIX STRATEGY IN INCREASING SALES OF PROCESSED FISH PRODUCTS (Case Study of the Fatimah Az-zahra Women Fishermen Group in Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48305/1.hassmallThumbnailVersion/L041211020-Cover.jpg)

L041211020-Cover.jpg
Download (365kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
L041211020-Bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
L041211020-Dapus.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
L041211020-Full Text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi penerapan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) dalam meningkatkan penjualan produk olahan ikan pada Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra di Kota Makassar dengan menggunakan skala likert kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan hasil dari bauran pemasaran (marketing mix) dan menganalisis aktivitas strategi pemasaran yang dilakukan pada Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra dengan menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis hasil pengolahan data dan memperoleh strategi yang tepat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober 2024. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode studi kasus di Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra dimana penelitian yang langsung ke lapangan dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data pokok. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian terhadap strategi bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) yang diterapkan Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra berdasarkan masing – masing aspeknya didapatkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) diketahui aspek product dan people dengan nilai rata-rata tertinggi yaitu 3,8 dan dalam kategori sangat baik sedangkan bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) yang diterapkan Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra berdasarkan tanggapan konsumen, aspek process dengan nilai rata-rata tertinggi yaitu 3,5 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis SWOT maka hasil dari nilai diagram menyatakan bahwa Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra berada pada posisi kuadran I (positif – positif) yang artinya Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) sehingga tidak menutup kemungkinan usaha memperoleh kemajuan secara maksimal.
Keyword : produk olahan ikan, bauran pemasaran, SWOT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Processed fish products, marketing mix, SWOT. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48305 |