Analisis Keuntungan Offline To Online (O2O) pada UMKM Empek-Empek di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar (Studi Kasus Empek-Empek Ikan Tenggiri) = Offline to Online (O2O) Profit Analysis of Empek-Empek UMKM in Tamalanrea District, Makassar City (Case Study of Mackerel Empek-Empek)


HARMUNANTO, MAHARANI HATARI (2025) Analisis Keuntungan Offline To Online (O2O) pada UMKM Empek-Empek di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar (Studi Kasus Empek-Empek Ikan Tenggiri) = Offline to Online (O2O) Profit Analysis of Empek-Empek UMKM in Tamalanrea District, Makassar City (Case Study of Mackerel Empek-Empek). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041211016-qkfmSp9v0rtWNuMh-20250516081710 (1).jpeg

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of L041211016 - Bab 1-2.pdf] Text
L041211016 - Bab 1-2.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of L041211016  Daftar pustaka.pdf] Text
L041211016 Daftar pustaka.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041211016-Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Pentingnya Penelitian ini di laksanakan untuk mengetahui strategi penjualan yang sedang trend agar dapat meningkatkan omset penjualan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keuntungan yang diperoleh dari penerapan strategi offline-to-online (O2O) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, dengan fokus pada produksi Empek-Empek Ikan Tenggiri, sebuah makanan tradisional yang populer. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data primer melalui survei dan wawancara yang dilakukan kepada pemilik UMKM dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi O2O memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan profitabilitas, jangkauan pasar, serta kepuasan pelanggan. Keuntungan bulanan rata-rata yang diperoleh dari penjualan mencapai Rp.24.189.088 dengan persentase kontribusi penjualan online lebih tinggi dibandingkan offline. Berdasarkan analisis regresi, variabel-variabel seperti pembangunan platform jaringan, pengalaman personalisasi, pelatihan personel, dan keamanan transaksi, secara simultan menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap penjualan. Rekomendasi bagi pemilik UMKM di daerah ini adalah agar lebih mengadopsi model O2O untuk meningkatkan daya saing dalam pasar yang semakin digital. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan e-commerce dan kewirausahaan digital di Indonesia, terutama dalam sektor pangan lokal.

Keyword : Keuntungan, Offline, Online, E-Commerce, Empek-Empek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Offline, online, processed fish products, marketing effectiveness.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:34
Last Modified: 12 Aug 2025 07:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48304

Actions (login required)

View Item
View Item