ZULHIJRAH, ZULHIJRAH (2025) Evaluasi Kesenjangan antara Ekspektasi dan Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai = Evaluation of the Gap Between Patient Expectations and Perceptions of Drug Information Services at the Regional General Hospital of Sinjai Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/48100/1.hassmallThumbnailVersion/N011211011-SKRIPSI-COVER.jpg)

N011211011-SKRIPSI-COVER.jpg
Download (429kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
N011211011-SKRIPSI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
N011211011-SKRIPSI-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
N011211011-SKRIPSI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.
Download (997kB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Persepsi pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga kefarmasian menjadi indikator penting untuk mengevaluasi dan meningkatkan layanan kefarmasian di rumah sakit. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi pasien terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai. Metode. Penelitian ini merupakan cross-sectional study dengan menggunakan instrumen survei tervalidasi, yang disebarkan secara langsung kepada pasien rawat jalan di RSUD Sinjai yang memenuhi kriteria inklusi berusia minimal 18 tahun, dapat membaca dan menulis, serta bersedia mengikuti penelitian. Penelitian ini dilakukan di RSUD Kabupaten Sinjai selama bulan Desember 2024 sampai Januari 2025. Hasil. Terdapat kesenjangan yang bermakna antara ekspektasi dan persepsi pasien mengenai informasi obat yang mereka harapkan dalam segala aspek, yaitu jumlah obat, efek obat, bentuk sediaan obat, cara penggunaan obat, efek samping obat, penyimpanan obat, interaksi obat dengan obat, interaksi obat dengan makanan, dosis obat yang terlupa, obat yang terminum dua kali (overdosis), serta pertanyaan mengenai riwayat penggunaan obat, komedikasi, dan riwayat alergi obat dengan masing-masing nilai p <0,05. Adapun faktor-faktor sosiodemografi yang memengaruhi kebutuhan pasien terhadap PIO yaitu jenis kelamin, umur, pendapatan, dan jumlah kunjungan dalam tiga bulan terakhir. Kesimpulan. Kualitas pelayanan informasi obat oleh tenaga kefarmasian di RSUD Kabupaten Sinjai masih perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasien berdasarkan karakteristik sosiodemografi mereka.
Keyword : Tenaga kefarmasian, pelayanan informasi obat, Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pharmaceutical personnel, drug information services, Sinjai regional general hospital. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 07:19 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/48100 |