Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Struktruk Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi = The Effect Of Corporate Social Responsibility Disclouser and Capital Structure On Firm value With Profitability As A Moderating Variabel


IDRIS, A. RISKA AMELIA (2025) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Struktruk Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi = The Effect Of Corporate Social Responsibility Disclouser and Capital Structure On Firm value With Profitability As A Moderating Variabel. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012232080-TESIS-COVER.jpg

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012232080-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012232080-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012232080-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK A. RISKA AMELIA IDRIS. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. (dibimbing oleh Fahrina Mustafa). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan struktur modal terhadap nilai perusahaan, serta menilai apakah profitabilitas berperan sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Nilai perusahaan merupakan indikator penting bagi investor dalam mengevaluasi kinerja jangka panjang perusahaan, yang dipengaruhi oleh faktor keuangan maupun non-keuangan. CSR, sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, serta struktur modal sebagai strategi pembiayaan, diyakini berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan nilai perusahaan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi. Sampel penelitian terdiri dari perusahaan sektor Properti dan Real Estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019–2023, dengan total 16 perusahaan dalam rentang lima tahun. Setelah proses penghapusan data outlier, jumlah sampel akhir yang digunakan adalah 75 observasi, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Selain itu, profitabilitas terbukti secara signifikan memperkuat pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Namun, profitabilitas tidak memperkuat hubungan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Struktur Modal, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.

Keyword : Corporate Social Responsibility, Struktur Modal, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Resposibility, Capital Structure, Firm Value, Profitabily.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 28 Jul 2025 05:57
Last Modified: 28 Jul 2025 05:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47989

Actions (login required)

View Item
View Item