REDESAIN ESCAPE ROUTE DAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN PADA KAPAL PINISI SESUAI STANDAR NCVS (NON-CONVENTION VESSEL STANDARD) STUDI KASUS KLM ELYSIAN = REDESIGN OF ESCAPE ROUTES AND SAFETY EQUIPMENT ON PINISI VESSELS ACCORDING TO NCVS STANDARDS (NON-CONVENTION VESSEL STANDARD) CASE STUDY OF KLM ELYSIAN


Wardana, Wahyu (2023) REDESAIN ESCAPE ROUTE DAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN PADA KAPAL PINISI SESUAI STANDAR NCVS (NON-CONVENTION VESSEL STANDARD) STUDI KASUS KLM ELYSIAN = REDESIGN OF ESCAPE ROUTES AND SAFETY EQUIPMENT ON PINISI VESSELS ACCORDING TO NCVS STANDARDS (NON-CONVENTION VESSEL STANDARD) CASE STUDY OF KLM ELYSIAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091181313_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091181313_skripsi_28-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D091181313_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D091181313_skripsi_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

WAHYU WARDANA REDESAIN ESCAPE ROUTE DAN PERLENGKAPAN KESELAMATAN PADA KAPAL PINISI SESUAI STANDAR NCVS (NON-CONVENTION VESSEL STANDARD) STUDI KASUS KLM ELYSIAN. (Dibimbing oleh Andi Husni Sitepu, S.T., M.T dan Baharuddin, ST., MT)

Labuan bajo merupakan daerah wisata yang sedang menjadi incaran turis lokal dan mancanegara. Wisatawan memiliki ketertarikan besar dalam mengunjungi Labuan Bajo dan menginap di kapal atau live on board. Kapal pinisi menjadi pilihan yang sering dilakukan oleh wisata untuk live on board saat ini. Sebagai sarana wisata tentunya keselamatan penumpang dan kapal menjadi prioritas bagi pengguna. KLM. Elysian merupakan kapal Pinisi yang dibangun pada tahun 2002 sebagai kapal penumpang dan dimodifikasi pada tahun 2022 menjadi kapal penumpang wisata. Namun realitanya, jika melihat dari segi desain kapal yang ada saat ini belum memenuhi standar yang dituangkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai standar keselamatan untuk Kapal Layar Motor yaitu Non-Convention Vessel Standard (NCVS) sehingga berpotensi membahayakan kru kapal dan penumpang jika terjadi keadaan darurat. Ruang mesin KLM. Elysian hanya memiliki satu akses berupa pintu dari kamar kru dimana akses tersebut berupa tangga vertikal dari dapur yang ada di main deck. Berdasarkan temuan diatas, peneliti mengajukan tiga desain yang memenuhi standar NCVS dan SOLAS dalam mengevakuasi penumpang dan kru kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil redesain ruang kamar mesin telah memenuhi NCVS dengan dilengkapinya akses keluar-masuk dan akses darurat bagi kru kapal yaitu dengan menambahkan akses kekamar mesin. Pada desain 1) Desain 1, letak penambahan akses yaitu pada bagian kiri mesin induk, bagian belakang mesin bantu sebelah kiri dan tangga vertical di depan mesin bantu kanan. 2) Desain 2, letak penambahan akses yaitu pada bagian belakang sekat kamar mesin bagian kiri mesin induk dan tangga vertical dari kamar mesin ke geladak utama dekat dengan poros kemudi. Berdasarkan hasil simulasi, desain 1 membutuhkan waktu evakuasi selama 29.00 menit Dan desain 2 membutuhkan waktu evakuasi selama 29.15 menit. Dari ketiga hasil redesain, ketiga desain memenuhi persyatan waktu evakuasi yang ditentukan oleh SOLAS yaitu kurang dari 60 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pinisi, kapal layar motor, keselamatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:00
Last Modified: 24 Jul 2025 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47849

Actions (login required)

View Item
View Item