Analisis Pengaruh Produktvitas Bongkar Muat Terhadap Variabel Berth Working Time di Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1) = Analysis of the Effect Loading and Unloading Productivity on Berth Working Time Variables at the New Makassar Container Terminal (Terminal 1)


Hamdi, Nashrul Fath (2024) Analisis Pengaruh Produktvitas Bongkar Muat Terhadap Variabel Berth Working Time di Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1) = Analysis of the Effect Loading and Unloading Productivity on Berth Working Time Variables at the New Makassar Container Terminal (Terminal 1). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081191015_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081191015_skripsi_01-03-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D081191015_skripsi_01-03-2024 Dapus.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D081191015_skripsi_01-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Terminal Petikemas Makassar merupakan salah satu dari 25 pelabuhan strategis di Indonesia dengan jangkauan pelayanan yang luas serta merupakan simpul dalam jaringan laut transportasi internasional. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesiapan alat untuk menangani bongkar muat petikemas, penempatan tenaga bongkar muat yang tepat disertai disiplin yang tinggi juga dapat dilakukan dengan memberikan pelayanan kapal dan cara kerja yang efektif dalam prosedur penanganan kapal beserta muatan yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan/pengaruh produktivitas bongkar muat petikemas terhadap variabel berth working time di Terminal Petikemas New Makassar (Terminal 1) dan pengaruh tidak langsung throughput terhadap variabel Berth Working Time melalui variabel jumlah container crane.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengamati langsung proses bongkar muat sebanyak 75 data kapal di Terminal Petikemas New Makasssar 1. Kemudian pengolahan data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda menggunakan software SPSS Statistic dan Path Analysis menggunakan SPSS AMOS.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh throughput terhadap effective time secara parsial dengan nilai Sig. pada uji t <0,001. Juga terdapat pengaruh throughput terhadap idle time dengan nilai Sig. pada uji t sebesar 0,024, serta terdapat pengaruh throughput terhadap not operation time dengan nilai Sig. pada uji t sebesar <0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effective Time, Idle Time, Not Operation Time, Produktivitas, Throughput
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:40
Last Modified: 23 Jul 2025 02:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47743

Actions (login required)

View Item
View Item