STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT TRIM MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO TRIM USING COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS


SYAM, MUHAMMAD ANJAS (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT TRIM MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO TRIM USING COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D052202006_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D052202006_tesis_28-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D052202006_tesis_28-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D052202006_tesis_28-02-2024 Full Text(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Ketika kapal mengalami trim, parameter-parameter geometri kapal yang tercelup di air berubah dibandingkan dengan kondisi even keel seperti sarat kapal, panjang garis air dan luas permukaan basah. Semua faktor ini memiliki efek pada tahanan kapal pada kecepatan dan kondisi muatan tertentu. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tahanan kapal pada kondisi trim. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh trim terhadap tahanan kapal, serta menjelaskan perbandingan tahanan kapal pada kondisi even keel, trim haluan dan trim buritan berdasarkan analisis Computational Fluid Dynamics. Metode perhitungan tahanan dalam penelitian ini menggunakan software CFD (Autodesk CFD). Jenis kapal dalam penelitian ini adalah kapal kontainer, sedangkan untuk variasi trim yang digunakan, terdiri dari kondisi even keel, kondisi trim haluan dan kondisi trim buritan. Dalam penelitian ini, analisis hidrodinamika kapal menggunakan aplikasi Autodesk CFD telah berhasil dilakukan, parameter dinamis seperti velocity magnitude, distribusi static pressure pada lambung kapal, karakteristik pola aliran dan tahanan telah didapatkan. Tahanan model kapal dalam kondisi trim haluan dan trim buritan menunjukkan kecenderungan yang sama yaitu meningkat sesuai dengan bertambahnya nilai trim. Namun untuk perbandingan tahanan model kapal dari setiap kondisi trim dengan tahanan model kapal kondisi even keel terdapat perbedaan dimana tahanan kondisi trim haluan mengalami peningkatan dengan nilai persentase rata-rata sebesar 3,32%. Sedangkan untuk kondisi trim buritan mengalami penurunan dengan nilai persentase rata-rata sebesar 0,06%. Kemudian, secara keseluruhan, tahanan model kapal kondisi trim haluan -1,441 m memiliki tahanan terbesar yaitu 6,044 N dibandingkan dengan kondisi lainnya. Sedangkan, tahanan model kapal kondisi trim buritan 0,5 m memiliki tahanan terkecil yaitu 5,674 m..

Keyword : tahanan kapal, trim haluan, trim buritan, autodesk CFD

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ship resistance, trim by bow, trim by stern, autodesk CFD.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:24
Last Modified: 21 Jul 2025 07:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47671

Actions (login required)

View Item
View Item