AMALIA, NUR (2023) Modul Pembelajaran Berbasis Sinyal Wicara Untuk Penyandang Tunanetra Menggunakan Metode Mel Frequency Cepstral Coefficient dan Chebyshev Distance = A Learning Module Based On Speech Signals For Visually Impaired People Using Mel Frequency Cepstral Coefficient and Chebyshev Distance Methods. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47543/1.hassmallThumbnailVersion/D041181330_skripsi_22-02-2024%20Cover1.jpg)

D041181330_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg
Download (269kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D041181330_skripsi_22-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (474kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D041181330_skripsi_22-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D041181330_skripsi_22-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Tunanetra merupakan kondisi pada seseorang yang mengalami gangguan pada indera penglihatan, sehingga para penyandang tunanetra sering kali mengalami kesulitan saat proses pembelajaran dengan menggunakan komputer. Teknologi voice recognition atau yang biasa disebut sebagai sistem pengenalan suara merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan sistem komputer untuk menerima input berupa kata yang diucapkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah modul pembelajaran yang dapat membantu penyandang tunanetra dengan menggunakan metode Mel Frequency Cepstral Coefficient dan chebyshev distance. Pada penelitian ini modul pembelajaran yang dibuat memanfaatkan software matlab dengan menggunakan metode Mel Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) sebagai metode ekstraksi ciri, dan metode chebyshev distance sebagai metode pengukuran kemiripan. Data suara yang direkam sebagai database pada penelitian ini sebanyak 472 suara, yang terdiri dari 400 data latih dan 72 data uji. Adapun cara kerja dari modul yang dibuat yaitu cukup dengan menekan salah satu tombol pada keyboard untuk mendengarkan soal dan untuk menjawab pertanyaan cukup dengan menekan tombol enter terlebih dahulu kemudian mengucapkan jawaban dari soal. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode MFCC dan chebyshev distance dapat diimplementasikan untuk perancangan modul pembelajaran berbasis sinyal wicara. Adapun nilai chebyshev yang diperoleh untuk setiap jawaban benar berbeda-beda, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya cara pengucapan kata yang berbeda dan intonasi pengucapan yang berbeda. Modul pembelajaran berbasis sinyal wicara hanya dapat bekerja dengan baik pada kondisi yang kondusif.
Keyword : Voice Recognition, Mel Frequency Cepstral Coefficient, Chebyshev Distance
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Voice Recognition, Mel Frequency Cepstral Coefficient, Chebyshev Distance. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47543 |