Arifnur, Airlangga (2023) EVALUASI JALUR EVAKUASI PADA KAPAL FERRY RO-RO 200GT = EVALUATION OF EVACUATION PATH ON 200 GT FERRY-RORO VESSEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47475/1.hassmallThumbnailVersion/D031191047_skripsi_28-02-2024%20Cover1.jpg)

D031191047_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg
Download (214kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D031191047_skripsi_28-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (625kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D031191047_skripsi_28-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D031191047_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 September 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
AIRLANGGA ARIFNUR. EVALUASI JALUR EVAKUASI PADA KAPAL FERRY-RORO 200 GT (dibimbing oleh Wahyuddin dan Fadhil Rizki Clausthaldi) Seiring dengan perkembangan teknologi, kapal ferry Ro-Ro telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur yang memudahkan transportasi. Namun, banyaknya jumlah penumpang yang diangkut di kapal ferry Ro-Ro dan kompleksitas struktur kapal menjadi faktor utama mempengaruhi keselamatan di atas kapal. Dalam sebuah kapal penumpang Setidaknya terdapat dua jalur evakuasi yaitu jalur melarikan diri bagi penumpang saat evakuasi terjadi (escape route) dan jalur yang dilewati oleh ABK kapal saat melakukan tindakan penyelamatan (access route). Peraturan IMO MSC.1/CIRC.1533 dan SOLAS II-2/13 yang baru diterbitkan pada tahun 2016, menetapkan bahwa rencana evakuasi kapal penumpang melalui jalur evakuasi harus dinilai secara komputasi pada tahap desain. Agent Based Model Simulation adalah pendekatan baru dalam simulasi permodelan sistem yang kompleks dimana individu berinteraksi secara autonomous. MSC.1/Circ.1533 adalah perhitungan total durasi evakuasi untuk metode sederhana dan lanjutan. Pathfinder adalah salah satu software simulasi jalur evakuasi yang berdasarkan agen dan gerakan simulator manusia. Pathfinder dapat mengimpor geometri dari beberapa format CAD, Bergantung pada jenis file yang diimpor, Pathfinder juga menyediakan Setiap komponen navigasi yang digambar di Pathfinder adalah beberapa bagian lantai yang dapat dilalui, yang dapat berkisar dari lantai, pintu, hingga tangga. Skenario evakuasi yang terjadi adalah kondisi normal dan kondisi kebakaran pada saat kapal berada dipelabuhan sehingga semua orang di evakuasi menuju Rampdoor (Pintu keluar) dan kondisi normal dan kondisi kebakaran pada saat kapal berada di tengah laut sehingga semua orang di evakuasi menuju Tween Deck. Kapal diposisikan pada keadaan even keel dan tidak mengalami posisi miring. Dengan simulasi menggunakan Pathfinder pada tiap skenario dan tingkat kepadatan didapatkan waktu untuk evakuasi menuju ke rampdoor dan proses evakuasi di tengah laut dengan pergerakan menuju ke muster station yaitu dari kondisi normal kondisi kebakaran salah satu akses tangga navigation deck, kondisi kebakaran di kamar mesin memenuhi sehingga kapal layak untuk berlayar mengangkut penumpang dan general arrangement kapal ferry-roro 200 GT. Kata Kunci : Kapal Ferry-Roro, Jalur Evakuasi, Waktu Evakuasi, Proses Evakuasi.
Keyword : Kapal Ferry-Roro, Jalur Evakuasi, Waktu Evakuasi, Proses Evakuasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ferry-Roro Ship, Evacuation Route, Evacuation Time, Evacuation Process. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47475 |