Perancangan Fasilitas Peluncuran Galangan Kapal Pulau Bajo Labuan Bajo - Nusa Tenggara Timur (NTT) = Planning for ship launch facilities on Bajo Island Labuan Bajo - East Nusa Tenggara (NTT)


SAPUTRA, MUH.ARQAM (2024) Perancangan Fasilitas Peluncuran Galangan Kapal Pulau Bajo Labuan Bajo - Nusa Tenggara Timur (NTT) = Planning for ship launch facilities on Bajo Island Labuan Bajo - East Nusa Tenggara (NTT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191004_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191004_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (771kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191004_skripsi_01-03-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191004_skripsi_01-03-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak Galangan kapal merupakan tempat pembuatan dan perawatan kapal umumnya bertempat di tepi laut atau Sungai. Perencanaan fasilitas galangan merupakan hal terpenting dalam sebuah galangan dan salah satu faktor utama yang harus dihitung dan dipertimbangkan dengan baik khusunya fasilitas utamanya yaitu jenis dockingnya. Digalangan ada beberapa jenis dok yaitu salah satunya dok luncur (slipway), yang dikenal ada dua jenis peluncuran kapal yaitu peluncuran memanjang dan melintang. Sehingga diperlukan fasilitas pendukung dari galangan kapal untuk melayani kapal yang ingin mendapatkan perbaikan dan perawatan. Mengingat fasilitas peluncuran slipway ini akan ditempatkan di pulau bajo labuan bajo, nusa tenggara timur (NTT). Maka permasalahannya adalah bagaimana merencanakan struktur shifter dan lori dengan menyesuaikan data ukuran kapal dan berat kapal untuk dapat menaiki shifter dan lori pada saat kapal melakukan perawatan dan perbaiakan. Pada tugas akhir ini, ukuran utama kapal yang digunakan dalam penentuan berat yaitu kapal kayu pinisi wisata (chakana) dengan ukuran utama L: 30.2 m, B: 7.85 m, H: 3.55 m, dan Loa: 43.09 m. Sedangkan menentukan ukuran bentuk konstruksi shifter dan lori mengambil ukuran max kapal dengan L: 30,2 m, B: 9 m, H: 3.55 m, Loa:43.09 m.

Keyword : galangan kapal, slipway, labuan bajo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shipyard, slipway, Labuan Bajo.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:33
Last Modified: 14 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47469

Actions (login required)

View Item
View Item