TE`DANG, YOEL MARTHEN (2024) STUDI TAHANAN KAPAL TANDEM (TUGBOAT DAN TONGKANG) BERDASARKAN PANJANG TALI 3 L MENGGUNAKAN APLIKASI CFD = STUDY OF RESISTANCE OF TANDEM SHIPS (TUGBOAT AND BARGES) BASED ON 3 L ROPE LENGTH USING CFD APPLICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47461/1.hassmallThumbnailVersion/D031181507_skripsi_22-02-2024%20Cover1.jpg)

D031181507_skripsi_22-02-2024 Cover1.jpg
Download (242kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181507_skripsi_22-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181507_skripsi_22-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D031181507_skripsi_22-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal Tandem adalah kendaraan air berupa Kapal Tugboat yang menarik Kapal Tongkang di belakangnya, dan terpisah dengan jarak variasi panjang sampai 3 L. Panjang tali kapal Tandem juga menimbulkan tahanan diantara kedua kapal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai tahanan kapal tandem dengan variasi panjang tali tarik 3 L, serta menentukkan karakteristik aliran fluida yang terjadi saat pengujian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 7 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Hasil penelitian menunjukkan besarnya nilai tahanan yang terjadi pada kapal Tugboat, kapal Tongkang dan gabungan kedua kapal atau tandem dengan variasi panjang tali tarik 3 L. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai tahanan yang didapatkan mengalami kenaikan seiring bertambahnya kecepatan dengan persentase kenaikan sebesar 41.924% dan 29.540% pada kapal tugboat, 50.422% dan 30.084% pada kapal tongkang, 49.637% dan 30.055% pada gabungan kedua kapal atan tandem. Karakteristik Aliran Fluida pada model kapal tandem variasi panjang tali tarik 3 L membentuk sebuah aliran gelombang yang diakibat oleh gaya dorong dari kapal tongkang. Dan diasumsikan aliran dari kapal Tugboat menabrak kapal Tongkang di belakangnya. Lalu terjadi beberapa fase dalam pembentukkan pola aliran, yaitu Elastic Flow, Viscous Flow, dan Separation of Flow.
Keyword : KAPAL TANDEM, TAHANAN KAPAL, AUTODESK CFD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tandem Ship, Resistance, Autodesk CFD. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:02 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47461 |