STUDI TAHANAN KAPAL TANDEM (TUGBOAT DAN TONGKANG) BERDASARKAN PANJANG TALI 1 L MENGGUNAKAN APLIKASI CFD = Study of Resistance of Tandem Ships (Tugboats and Barges) Based on 1 L Rope Length Using CFD


S, MUHAMMAD ARYA (2024) STUDI TAHANAN KAPAL TANDEM (TUGBOAT DAN TONGKANG) BERDASARKAN PANJANG TALI 1 L MENGGUNAKAN APLIKASI CFD = Study of Resistance of Tandem Ships (Tugboats and Barges) Based on 1 L Rope Length Using CFD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181002_skripsi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181002_skripsi_01-03-2024 Bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (728kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181002_skripsi_01-03-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (866kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181002_skripsi_01-03-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal Tandem adalah kendaraan air berupa Kapal Tugboat yang menarik Kapal Tongkang di belakangnya, dan terpisah dengan jarak sama dengan satu kali Panjang kapal tongkang, yang selanjutnya disebut satu (1) L. Adanya jarak diantara kedua kapal menimbulkan aliran yang saling bertabrakan. Aliran air dari kapal tug yang bersumber dari perputaran propeller (Turbulen) mengalir dan bertabrakan langsung pada haluan kapal tongkang yang berbentuk hampir kotak sehingga berpengaruh terhadap hambatan kapal tongkang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghitung tahanan kapal tandem (Tongkang dan Tugboat) berdasarkan perubahan kecepatan kapal tug mulai dari kecepatan 3 knot,4 knot ,dan 5 knot, serta menentukkan karakteristik aliran fluida yang terjadi saat pengujian menggunakan aplikasi CFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 7 untuk pemodelan kapal dan pemodelan kolam uji, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Hasil penelitian menunjukkan besarnya nilai tahanan kapal Tugboat, kapal Tongkang dan nilai tahanan keduanya serta karakteristik aliran fluida. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai tahanan yang didapatkan mengalami kenaikan seiring bertambahnya kecepatan dengan persentase kenaikan sebesar 50.166% dan 27.818% pada kapal tongkang, 46.178% dan 23.081% pada kapal Tug, dan 49.628% dan 27.385% untuk kedua kapal jika digabungkan.

Keyword : Kapal tandem, Tahanan kapal, Autodesk CFD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tandem Ship, Resistance, Autodesk CFD.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 15 Jul 2025 00:29
Last Modified: 15 Jul 2025 00:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47449

Actions (login required)

View Item
View Item