BAYAN, ANDI YUSTIKA MANRIMAWAGAU (2025) MAKNA RECIPROCATION ACCOUNTABILITY BAGI STAF KEUANGAN KALLA GROUP = MEANING OF RECIPROCATION ACCOUNTABILITY FOR KALLA GROUP'S FINANCIAL STAFF. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/47362/1.hassmallThumbnailVersion/A062221061-TESIS-COVER.jpg)

A062221061-TESIS-COVER.jpg
Download (274kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A062221061-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A062221061-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A062221061-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Reciprocation Accountability adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menyusun lingkungan akuntabilitas yang baik sebagai suatu kebijakan atau mekanisme yang melibatkan berbagai suara dan perspektif dalam konteks pertanggungjawaban. Penelitian ini bertujuan mengungkap makna reciprocation accountability dari Insan Kalla di bagian staf keuangan Kalla Group. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reciprocation accountability dimaknai sebagai akuntabilitas vertikal dan horizontal yaitu kerja ibadah dan tanggung jawab moral. Hal ini berlandaskan bahwa perusahaan berfungsi untuk memakmurkan bumi dan manusia hadir sebagai pengelola bumi. Informan juga mengartikan bahwa reciprocation accountability adalah sebuah sistem umpan balik yang hadir karena pentingnya pengakuan terhadap kontribusi individu sehingga menciptakan motivasi untuk terus berkembang. Dengan didukund oleh Rumah Kalla Management System (RKMS) sebagai landasan seluruh Insan Kala, perusahaan memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil memiliki dampak positif bagi semua pemangku kepentingan, baik di tingkat internal maupun eksternal. Hal tersebut menjadikan Kalla Group sebagai perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapl juga pada keberlanjutan jangka panjang secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Keyword : Accountability, transparency, reciprocation accountability, responsibility
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Accountability, Transparency, Reciprocation accountability, Responsibility. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:59 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47362 |