APLIKASI ANALISIS PROSPEKTIF DALAM PERUMUSAN SKENARIO PENGEMBANGAN DANGKE SEBAGAI PRODUK UNGGULAN LOKAL KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN


Ridwan, Muh. and Hardjomidjojo, Hartrisari (2016) APLIKASI ANALISIS PROSPEKTIF DALAM PERUMUSAN SKENARIO PENGEMBANGAN DANGKE SEBAGAI PRODUK UNGGULAN LOKAL KABUPATEN ENREKANG SULAWESI SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Peternakan.

[thumbnail of 12.Muh.Ridwan_Analisis Prospektif pengembangan produk Dangke.pdf] Text
12.Muh.Ridwan_Analisis Prospektif pengembangan produk Dangke.pdf

Download (434kB)

Abstract (Abstrak)

Industri kecil, sebagaimana perusahaan lainnya dalam pengelolaan bisnisnya perlu menerapkan strategi untuk hidup dan tumbuh dengan dukungan kompetensi dan kemampuan multi resources yang dimilikinya untuk meraih keunggulan posisi maupun kinerja usaha. Penelitian ini bertujuan menggambarkan penggunaan metode analisis prospektif dalam perumusan skenario pengembangan produk industri kecil makanan khas tradisional dangke sebagai produk unggulan lokal di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, menggunakan pendekatan model Analisis Prospektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memiliki pengaruh kuat dalam upaya pengembangan produk industri kecil dangke di kabupaten Enrekang yaitu tingkat pendapatan, SDM, Produksi dan produktifitas, motivasi dan skala ekonomi peternak. Hasil justifikasi penilaian pakar dan stakeholders menunjukkan bahwa skenario paling mungkin terjadi dimasa yang akan datang adalah skenario moderat berdasarkan skenario ini, tingkat pendapatan masyarakat, SDM dan motivasi pelaku industri yang semakin meningkat merupakan modal utama pengembangan, skala ekonomi serta produksi dan produktifitas berpotensi untuk ditingkatkan secara maksimal, dengan lingkungan pengembangan yang mendukung hal tersebut.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 25 May 2021 01:48
Last Modified: 25 May 2021 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item
View Item