ANALISIS STRATEGI MODEL BISNIS SISTEM MULTI SOURCE PADA PROSES PENGIRIMAN SEMEN VIA VESSEL BULK CARRIER DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR DOMESTIK PT SEMEN INDONESIA (PERSERO),TBK = ANALISIS STRATEGI MODEL BISNIS SISTEM MULTI SOURCE PADA PROSES PENGIRIMAN SEMEN VIA VESSEL BULK CARRIER DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR DOMESTIK PT SEMEN INDONESIA (PERSERO),TBK


RACHMAN, ANDI (2025) ANALISIS STRATEGI MODEL BISNIS SISTEM MULTI SOURCE PADA PROSES PENGIRIMAN SEMEN VIA VESSEL BULK CARRIER DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR DOMESTIK PT SEMEN INDONESIA (PERSERO),TBK = ANALISIS STRATEGI MODEL BISNIS SISTEM MULTI SOURCE PADA PROSES PENGIRIMAN SEMEN VIA VESSEL BULK CARRIER DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR DOMESTIK PT SEMEN INDONESIA (PERSERO),TBK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012232020-TESIS-COVER.jpg

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012232020-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (504kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012232020-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012232020-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 June 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi model bisnis sistem multi sumber dalam proses pengiriman semen menggunakan kapal bulk carrier di PT. Semen Indonesia Tbk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis strategi model bisnis multi sumber dalam pengiriman semen melalui kapal bulk carrier guna memenuhi kebutuhan pasar domestik. Data diperoleh melalui wawancara dengan manajemen dan staf operasional PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, observasi langsung terhadap proses pengiriman, serta studi dokumen yang berkaitan dengan logistik perusahaan. Lokasi penelitian mencakup kantor pusat dan fasilitas distribusi perusahaan. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik dan SWOT untuk mengidentifikasi pola, tantangan, dan peluang dalam penerapan strategi ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk memanfaatkan kekuatan dan peluangnya melalui strategi multi sumber, teknologi logistik yang canggih, dan distribusi yang efisien untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri. Tantangan seperti investasi besar dan persaingan yang ketat diatasi melalui diversifikasi pasokan, penguatan sumber daya manusia, dan kolaborasi strategis. Inovasi dan efisiensi memungkinkan perusahaan untuk memperluas pangsa pasar dan mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Saluran Distribusi, Pangsa Pasar.

Keyword : Strategi Bisnis, Saluran Distribusi, Pangsa Pasar

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Business Strategy, Distribution Channels, Market Share.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:09
Last Modified: 23 Jul 2025 06:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47143

Actions (login required)

View Item
View Item