STRATEGI PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN BERBASIS DIGITAL PADA START-UP DAN UMKM DI KOTA MAKASSAR = STRATEGY TO INCREASE DIGITAL-BASED FINANCIAL LITERACY START-UP AND MSMEs IN MAKASSAR


MAJID, RAHMIDA RESKI (2025) STRATEGI PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN BERBASIS DIGITAL PADA START-UP DAN UMKM DI KOTA MAKASSAR = STRATEGY TO INCREASE DIGITAL-BASED FINANCIAL LITERACY START-UP AND MSMEs IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012231091-TESIS-COVER.jpeg

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012231091-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012231091-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012231091-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RAHMIDA RESKI MAJID. Strategi Peningkatan Literasi Keuangan berbasis Digital pada pelaku UMKM di Kota Makassar. Tesis pada Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Dibimbing oleh Cepi Pahlevi dan Fauzi R Rahim. Penelitian ini membahas tentang Strategi Peningkatan Literasi Keuangan berbasis Digital pada Pelaku UMKM di kota Makassar (Studi pada pelaku UKM makanan dan minuman dibawah binaan Inkubasi Bisnis Teknologi dan Science Techno Park UNHAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Internal dan Eksternal yang menghambat dan mendukung perkembangan Literasi digital pada pelaku UKM dan mengetahui Strategi Alternatif yang dapat digunakan untuk peningkatan Literasi Keuangan Berbasis digital pada pelaku UKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan objek penelitian UKM Makanan dan Minuman dibawah binaan Inkubasi Bisnis Teknologi dan Science Techno Park UNHAS. Analisis data yang digunakan menggunakan Analisis SWOT, IFAS-EFAS dan Analisis QSPM. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan melalui studi literatur, Observasi Lapangan, Wawancara dan Kuosioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor strategi Internal yang mempengaruhi proses peningkatan Literasi keuangan berbasis Digital pada pelaku UKM bidang makanan dan Minuman adalah kemampuan cepat mengadopsi teknologi sederhana, skala pasar menjadi lebih luas, dan kesadaran Financial yang meningkat sedangkan Faktor Eksternal yang adalah adanya dukungan pemerintah, pelatihan dan bantuan yang difasilitasi oleh start-up Inkubasi UNHAS, perkembangan teknologi yang cepat, pasar yang terbuka, dan jaringan serta kondisi geografis yang mendukung. Adapun Strategi yang dapat digunakan untuk peningkatan Literasi keuangan berbasis digital pada pelau UKM adalah dengan Pengembangan Ekosistem Digital berbasis Kolaboratif.

Keyword : Literasi Keuangan, Berbasis Digital, UMKM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Digital-Based, MSMEs.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:54
Last Modified: 21 Jul 2025 01:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47132

Actions (login required)

View Item
View Item