EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN (STUDI KASUS DI SMPS BUDI KASIH MAKASSAR)= The Effectiveness of Learning Media Using Wordwall to Improve Chinese Vocabulary Mastery (Case Study at SMPS Budi Kasih Makassar)


Hokil, Jenika Ayu (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN (STUDI KASUS DI SMPS BUDI KASIH MAKASSAR)= The Effectiveness of Learning Media Using Wordwall to Improve Chinese Vocabulary Mastery (Case Study at SMPS Budi Kasih Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of F091191014_skripsi_26-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
F091191014_skripsi_26-02-2024 Cover1.jpg

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of F091191014_skripsi_26-02-2024 bab1-2.pdf] Text
F091191014_skripsi_26-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F091191014_skripsi_26-02-2024 Dapus.pdf] Text
F091191014_skripsi_26-02-2024 Dapus.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of F091191014_skripsi_26-02-2024.pdf] Text
F091191014_skripsi_26-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jenika Ayu Hokil, 2023. Efektivitas Media Pembelajaran dengan Menggunakan Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin (Studi Kasus di SMPS Budi Kasih Makassar). (dibimbing oleh Ria Rosdiana Jubhari dan Sukma)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Wordwall dalam pembelajaran bahasa Mandarin untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin, membandingkan hasil pembelajaran tanpa menggunakan Wordwall dan menggunakan Wordwall, dan mencari tahu respon peserta didik tentang pembelajaran menggunakan Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif kuantitatif dengan menggunakan Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Wordwall dapat dikatakan efektif, dilihat dari hasil Posttest yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan hasil Pretest. Hal ini didukung dengan pelaksanaan 10 treatment, dari 10 treatment yang dilakukan ada 3 treatment yang mendapatkan hasil yang lebih. Tiga treatment yang dilakukan menggunakan permainan pengejaran dalam labirin, teka teki silang dan menemukan kecocokan. Selain itu hasil kuesioner menyatakan peserta didik sangat terbantu dengan adanya pembelajaran bahasa Mandarin dengan menggunakan Wordwall. Dilihat dari persentasi jawaban dari pertanyaan “Pembelajaran dengan menggunakan Wordwall mudah digunakan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Mandarin” yaitu total 89% peserta didik yang menjawab sangat setuju dan setuju dibandingkan total peserta didik yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju dengan jumlah 11%, dan pada pertanyaan “kesan dan pesan peserta didik mengenai penggunaan media permainan Wordwall dalam pembelajaran bahasa Mandarin” terdapat 18 peserta didik memberikan kesan dan pesan positif dan 2 peserta didik memberikan kesan dan pesan yang negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; pembelajaran; wordwall; kosakata; bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:32
Last Modified: 21 Jul 2025 02:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47034

Actions (login required)

View Item
View Item