CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INOVASI TERHADAP REPUTASI PERBANKAN SYARIAH MELALUI PENCIPTAAN NILAI DI KOTA BANJARMASIN = CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AND INNOVATION TO THE REPUTATION OF ISLAMIC BANKING THROUGH THE CREATION OF VALUES IN THE CITY OF BANJARMASIN


NOOR, ARIS SETIA (2025) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INOVASI TERHADAP REPUTASI PERBANKAN SYARIAH MELALUI PENCIPTAAN NILAI DI KOTA BANJARMASIN = CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY AND INNOVATION TO THE REPUTATION OF ISLAMIC BANKING THROUGH THE CREATION OF VALUES IN THE CITY OF BANJARMASIN. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A033211013-DISERTASI-COVER.jpg

Download (610kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033211013-DISERTASI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (910kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033211013-DISERTASI-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033211013-DISERTASI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ARIS SETIA NOOR Corporate Social Responsibility dan Inovasi terhadap Reputasi Perbankan Syariah melalui Penciptaan Nilai di Kota Banjarmasin (dibimbing oleh Syamsu Alam, Mursalim Nohong, Muhammad Sobarsyah). Tujuan penelitian ini untuk membangun dan meningkatkan Tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) dan Inovasi terhadap reputasi perusahaan yang didorong oleh penciptaan nilai bagi nasabah sebagai variabel mediasi pada industri perbankan syariah (Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah) di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori dengan menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan data diproses menggunakan software SmartPLS 3. Data primer dikumpulkan melalui distribusi kuesioner secara langsung kepada nasabah, dan juga melalui pos dan email mengingat keterbatasan jarak, waktu dan biaya. Unit observasi berjumlah 65 unit Kantor Cabang (KCU), Kantor Cabang Pembantu (KCP) dan Kantor Kas (KK) di Kota Banjarmasin. Penelitian dilakukan dengan metode cross-section/one shot time horizon. Responden ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu nasabah yang mengetahui atau pernah mengelola bantuan CSR dari bank syariah. Total populasi tidak diketahui karena ada beberapa bank syariah yang tidak bersedia untuk memberikan data jumlah nasabahnya, oleh karena itu digunakan rumus Zikmund dimana total responden didapat sebanyak 384 orang yang ditentukan secara proporsional dari setiap wilayah Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung, CSR tidak memiliki pengaruh terhadap reputasi perbankan syariah, namun berpengaruh positif dan signifikan apabila melalui variabel penciptaan nilai. Inovasi berpengaruh positif dan signifikan, begitu juga penciptaan nilai bagi nasabah. Pengaruh tidak langsung dari CSR dan inovasi terhadap reputasi perbankan syariah melalui penciptaan nilai nasabah diuji dengan Sobel Test. Penelitian menghasilkan novelty yaitu Model Adipura Strategi Membangun dan Meningkatkan Reputasi Perbankan Syariah. Konsep baru juga dikemukakan, bahwa CSR dan Inovasi mempengaruhi reputasi perbankan syariah di Kota Banjarmasin dengan didorong oleh penciptaan nilai bagi nasabah

Keyword : CSR, Inovasi, Penciptaan nilai, Reputasi perusahaan, industri perbankan syariah

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: CSR, Inovasi, Penciptaan nilai, Reputasi perusahaan, industri perbankan syariah.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:48
Last Modified: 16 Jul 2025 03:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/47015

Actions (login required)

View Item
View Item