ANALISIS PENGARUH FIN DAN SPOILER TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN GEOMETRI MUKA 35° = Analysis of the Effects of Fins and Spoilers on Aerodynamic Resistance in Vehicle Models with a 35° Frontal Geometry


Saputra, Agung Tri (2023) ANALISIS PENGARUH FIN DAN SPOILER TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN GEOMETRI MUKA 35° = Analysis of the Effects of Fins and Spoilers on Aerodynamic Resistance in Vehicle Models with a 35° Frontal Geometry. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D021191021_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
D021191021_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of D021191021_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf] Text
D021191021_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D021191021_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf] Text
D021191021_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D021191021_skripsi_29-02-2024.pdf] Text
D021191021_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

AGUNG TRI SAPUTRA. Analisis Pengaruh Fin Dan Spoiler Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Model Kendaraan Dengan Geometri Muka 35° (dibimbing oleh Rustan Tarakka dan Andi Amijoyo Mochtar)
Di era globalisasi saat ini, kebutuhan manusia akan teknologi semakin meningkat utamanya pada sektor industri mobil. Peningkatan kendaraan mobil di seluruh dunia membuat penambahan permasalahan lingkungan akibat emisi yang dihasilkan juga semakin meningkat. Ahmed body merupakan sebuah pemodelan kendaraan yang disederhanakan dan diharapkan dapat menggambarkan pemodelan turbulensi pada geometri kendaraan lain yang menyerupainya. Tujuan penelitian ini dilakuan untuk mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa fin dan spoiler konfigurasi 0° pada model kendaraan ahmed body dengan geometri muka 35°. Penelitian dilakukan melalui dua pendekataan yaitu pendekataan komputasi dengan memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida. Untuk pendekataan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Sedangkan pada pendekataan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag dengan memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dengan variasi posisi yaitu 11.5 mm yang diukur dari dinding belakang model uji. Selain itu terdapat kontrol pasif berupa spoiler dengan sudut 0˚ yang diletakkan setelah fin. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing sebesar 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa spoiler dan kombinasi 3 model fin dapat memperbesar terjadinya olakan pada bagian belakang model uji, meningkatkan nilai koefisien drag dan meningkatkan nilai koefisien tekanan pada bagian atas model uji. Dengan peningkatan koefisien drag terkecil didapatkan pada model uji penambahan spoiler dan kombinasi fin 1 yaitu sebesar 1.334% untuk pendekatan komputasi dan 1.347% untuk pendekatan eksperimental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CFD, fin, spoiler, karakteristik aliran, koefisien tekanan, koefisien drag.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:54
Last Modified: 17 Jul 2025 01:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46986

Actions (login required)

View Item
View Item