Analisis Perbandingan Fin dan Spoiler Pada Model Kendaraan Dengan Geometri Muka 30˚ = Analysis of the effect of fins and spoilers on vehicle models with a 30˚ front geometry


Adhim, Fairuz (2023) Analisis Perbandingan Fin dan Spoiler Pada Model Kendaraan Dengan Geometri Muka 30˚ = Analysis of the effect of fins and spoilers on vehicle models with a 30˚ front geometry. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D021191052_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
D021191052_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of D021191052_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf] Text
D021191052_skripsi_29-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D021191052_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf] Text
D021191052_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D021191052_skripsi_29-02-2024.pdf] Text
D021191052_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Dunia otomotif berkembang sangat pesat sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bidang transportasi. Sebagai salah satu jenis kendaraan umum yang banyak diminati, mobil keluarga dalam bentuk mobil multi purpose van (MPV) memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya, salah satu ciri khasnya adalah permintaan mesin berkapasitas relatif lebih besar yang berarti konsumsi bahan bakar lebih besar dibanding rekan-rekannya yang lebih kompak. Model kendaraan Ahmed adalah model bluff-body yang sangat disederhanakan yang sering digunakan sebagai tolok ukur dalam penelitian aerodinamika kendaraan. Sejumlah penelitian eksperimental dan studi numerik telah dilakukan dengan menggunakan model Ahmed. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa fin dan spoiler pada model kendaraan dengan geometri muka 30˚. Penelitian dilakukan dengan dua pendekataan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida. Untuk pendekataan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekataan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dan tiga variasi posisi yaitu 1.5 mm, 11.5 mm, dan 21.5 mm yang diukur dari dinding belakang model uji. Selain itu terdapat kontrol pasif berupa spoiler dengan sudut 0˚ yang diletakkan setelah fin. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa fin dan spoiler tidak dapat menunda separasi aliran dan memperbesar olakan pada bagian belakang model uji dan juga meningkatkan nilai koefisien drag. Dengan peningkatan koefisien drag terkecil didapatkan pada model uji penambahan spoiler dan kombinasi fin posisi X3 yaitu sebesar 4.412% untuk pendekatan komputasi dan 2.257% untuk pendekatan eksperimental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CFD, fin, spoiler, karakteristik aliran, koefisien tekanan, koefisien drag
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:43
Last Modified: 16 Jul 2025 06:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46966

Actions (login required)

View Item
View Item